Analis: Kicauan Anti-China Pompeo Di Hari-hari Terakhirnya Tunjukkan Dia Menlu Terburuk Karena Ikuti Bos Yang Salah

Menlu AS Mike Pompeo bersama Presiden Donald Trump/Net

Kemarahan China terhadap Mike Pompeo sepertinya akan terus berlanjut, setelah baru-baru ini Menteri Luar Negeri AS itu menulis cuitan terbaru di akun Twitter pribadinya yang kembali menunjukkan retorika anti-China.

Pompeo mentweet sekitar 30 posting anti-China selama akhir pekan, termasuk serangan terhadap Partai Komunis China (PKC), entitas media China, kebijakan mengenai Daerah Otonomi Xinjiang Uygur, Hong Kong, Laut China Selatan, termasuk tanggapan Beijing terhadap wabah Covid-19.

Atas sejumlah postingan itu, netizen dan pakar China menyebutnya sebagai menteri luar negeri terburuk dalam sejarah. Postingannya dipandang sebagai perasaan frustrasi, rasa gagal, dan kecemasan atas jalur politik masa depannya sendiri, kata beberapa ahli.

"PKC adalah ancaman utama kita. Otoritarianisme PKC bukanlah masa depan yang diinginkan dunia, tapi itu adalah masa depan yang akan kita miliki jika kita lengah lagi," kata Pompeo dalam salah satu cuitannya.

China melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negerinya, Hua Chunying, bereaksi dan mengecam rangkaian cuitan Menlu AS yang akan segera mengakhiri masa jabatannya itu.

"Untuk virus politik dan kebohongan yang terus diramu dan disebarkan Pompeo, China telah berulang kali mengungkapnya satu per satu dengan fakta. Kinerja anti-China yang ditunjukkannya ternyata nggak laku," kata Hua, seperti dikutip dari CGTN, Senin (18/1).

"Diplomasi bohong Pompeo tidak hanya membuat kredibilitas pribadinya benar-benar hancur, tetapi juga menyebabkan tercemarnya citra nasional dan kepentingan nasional AS. Saya yakin, sejarah akan membuat pengadilan yang adil untuknya," tambahnya.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Washington Post pada hari Sabtu mengatakan tindakan menit-menit terakhir Pompeo tentang kebijakan luar negeri akan memperumit rencana Biden ke arah baru.

Dalam laporannya, media AS tersebut menilai kebijakan luar negeri Pompeo terhadap China yang gencar dilakukan di menit-menit terakhir dia menjabat, tampaknya sengaja dirancang untuk memperkuat prioritas Trump dan menciptakan penghalang jalan ke arah baru yang dipetakan oleh tim Biden yang akan datang.

Shen Yi,  profesor di Sekolah Hubungan Internasional dan Hubungan Masyarakat Universitas Fudan, mengatakan kepada Global Times pada hari Minggu, bahwa menteri luar negeri AS itu berada dalam tahap tertekan secara psikologis karena kegagalannya.  

"Pompeo sekarang berada pada tahap histeria fisik dan psikologis. Mengapa? Karena dia menghadapi kegagalan besar dalam karir politiknya sendiri dan kecemasan yang meningkat di hari-hari terakhirnya setelah dia menyadari bahwa dia mengikuti orang yang salah sebagai bosnya, terutama setelah kerusuhan Capitol Hill," kata Shen Yi.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021
Video

RMOL World View • Diplomasi Halal Saat Pandemi

Senin, 08 Maret 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan, bersama: Syahrial Nasution dan Abdul Hamid

Selasa, 09 Maret 2021

Artikel Lainnya

Enggan Mundur Usai Terjerat Kasus Pelecehan Seksual, Gubernur Andrew Cuomo Terancam Dimakzulkan
Dunia

Enggan Mundur Usai Terjerat ..

09 Maret 2021 11:48
AS Buka Lagi Pengajuan Aplikasi Visa Dari 13 Negara Muslim Dan Afrika
Dunia

AS Buka Lagi Pengajuan Aplik..

09 Maret 2021 10:52
Tolak Gagasan Paspor Vaksin, WHO: Akan Menimbulkan Ketidakadilan Dalam Sistem
Dunia

Tolak Gagasan Paspor Vaksin,..

09 Maret 2021 10:34
Wawancara Harry Dan Meghan Penuh Kontroversi, Istana Buckingham Diam Seribu Bahasa
Dunia

Wawancara Harry Dan Meghan P..

09 Maret 2021 10:21
Ledakan Di Jembatan Al Aimmah Irak, Seorang Perempuan Tewas
Dunia

Ledakan Di Jembatan Al Aimma..

09 Maret 2021 09:46
Buat Cuitan Misoginis Saat Hari Perempuan Internasional, Burger King Diserang Warga Net
Dunia

Buat Cuitan Misoginis Saat H..

09 Maret 2021 09:32
Belajar Dari RRD Korea, Kesehatan Masyarakat Yang Gratis Tanpa Diskriminasi
Dunia

Belajar Dari RRD Korea, Kese..

09 Maret 2021 08:56
Aparat Blokir Jalan, Ratusan Pengunjuk Rasa Myanmar Terperangkap
Dunia

Aparat Blokir Jalan, Ratusan..

09 Maret 2021 08:05