Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Imbauan Carrie Lam: Sebaran Covid-19 Tidak Berhubungan Dengan Ras Atau Etnis

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 19 Januari 2021, 13:04 WIB
Imbauan Carrie Lam: Sebaran Covid-19 Tidak Berhubungan Dengan Ras Atau Etnis
Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam/Net
Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam memberikan imbauan kepada warganya untuk tidak mengaitkan infeksi virus corona dengan ras atau etnis.

Imbauan itu disampaikan Lam pada Selasa (19/1), di tengah lonjakan kasus harian Covid-19 yang sudah mencapai tiga digit di Hong Kong.

Sebelumnya, pada Senin (18/1), seorang pejabat senior dari Pusat Perlindungan Kesehatan mengatakan, anggota kelompok etnis minoritas yang tinggal di flat lingkungan padat penduduk melakukan memiliki perilaku membahayakan terhadap penyebaran Covid-19.

"Saya sangat mengimbau Anda semua, ini bukan kesempatan untuk menyalahkan," kata Lam, seperti dikutip South China Morning Post.

"Sama sekali tidak ada indikasi penyebaran penyakit yang berkaitan dengan ras atau etnis. Jika ada kesalahpahaman yang timbul dari pernyataan apa pun yang dibuat oleh pejabat mana pun, saya membuatnya sangat jelas di sini," tegasnya.

Lam mengatakan, perilaku sosial, kebersihan, hingga gaya hidup memang faktor penting yang memengaruhi penyebaran virus.

"Tapi itu tidak ada hubungannya dengan etnis," tekan dia.

Dalam imbauannya, Lam juga mengumumkan perpanjangan aturan jarak sosial yang pada awalnya akan berakhir pada Kamis (21/1).

Pada Senin, Hong Kong mengonfirmasi 107 kasus baru, dengan 28 di antaranya ditemukan di distrik Yau Tsim Mong.

Lam menyebut, lonjakan kasus tersebut dikarenakan semakin tingginya angka pengujian Covid-19. Ia juga meminta masyarakat tidak perlu panik karena setengah dari kasus baru telah tercatat di pusat pengujian.

ARTIKEL LAINNYA