Farah.ID
Farah.ID

Filipina Dinyatakan Terbebas Dari Flu Burung H5N6

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 19 Januari 2021, 15:00 WIB
Filipina Dinyatakan Terbebas Dari Flu Burung H5N6
Ilustrasi/Net
Filipina telah dinyatakan terbebas dari virus flu burung H5N6 yang sangat patogen.

Begitu pernyataan Departemen Pertanian Filipina pada Selasa (19/1) yang mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE).

"Mulai 8 Januari, negara sekarang bebas dari strain A (H5N6) terakhir dari flu burung," ujar departemen, seperti dikutip Reuters.

Dalam laporannya ke OIE, sebuah badan di bawah departemen pertanian, Biro Industri Hewan (BAI) mengatakan peternakan yang terpapar flu burung di provinsi Pampanga dan desa Rizal tidak menunjukkan lebih lanjut tentang keberadaan virus H5N6.

"Kami tidak mendeteksi satu kasus pun di antara unggas dan populasi burung lainnya dalam 90 hari terakhir setelah pembersihan dan desinfeksi selesai di peternakan yang terkena dampak," jelas Direktur BAI Ronnie Domingo.

Meski begitu, OIE mengibau agar Fillipina tidak menurunkan kewaspadaan terhadap penyakit flu.
 
Filipina adalah salah satu pengimpor dan konsumen daging terbesar di dunia. Ayam, babi, dan daging sapi menjadi andalan dalam makanan Filipina.

Wabah flu burung menjadi perhatian berulang bagi departemen pertanian, khususnya ketika industri unggas lokal mencatat kasus wabah pada 2017 dan 2018.

Departemen pertanian telah memberlakukan larangan sementara atas impor unggas domestik dari Prancis, Korea Selatan, Belanda, dan Polandia, di mana strain flu burung lain yang sangat patogen, H5N8, telah terdeteksi.

ARTIKEL LAINNYA