Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Argentina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,8 M, Gubernur Sergio Unac Minta Warga Tetap tenang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 Januari 2021, 16:53 WIB
Argentina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,8 M, Gubernur Sergio Unac Minta Warga Tetap tenang
Ilustrasi/Net
rmol news logo Warga Argentina barat-tengah dikejutkan dengan gempa 6,8 M yang diikuti oleh setidaknya lima gempa susulan yang mengguncang gedung dan membuat sejumlah produk di rak sejumlah supermarket jatuh berserakan, Senin (19/1) malam waktu setempat.

Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ), mengatakan gempa tersebut melanda pada kedalaman 10 km, dengan pusat gempa terletak 40 km selatan provinsi San Juan. Tidak ada korban yang dilaporkan sejauh ini.

Reuters melaporkan, kekuatan  gempa susulan berkisar antara 3,5 sampai 5 M, kata Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC).

Unggahan di media sosial menunjukkan banyak rumah dan bangunan yang rusak akibat guncangan. Aktivitas seismik itu membuat jalanan retak, tiang-tiang roboh, dan botol kaca berjatuhan dari rak di toko.

Gubernur San Juan, Sergio Unac, mendesak orang-orang untuk tetap tenang setelah gempa bumi dan meminta mereka untuk menghubungi jika mereka membutuhkan bantuan.

"Mari kita praktikkan semua tindakan yang telah kita pelajari untuk mencegah insiden, sementara kita berkomitmen untuk mengetahui dampak (gempa) untuk berkolaborasi dalam segala hal yang diperlukan," cuitnya di akun Twitter pribadinya.
Ia menasihati mereka yang mengalami kerusakan atau membutuhkan bantuan untuk segera menghubungi nomor darurat 911.
Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, kata Sistem Peringatan Tsunami AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA