Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dari Dalam Tahanan Navalny Ungkit Kekayaan Putin Hasil Korupsi, Desak Rakyat Rusia Ganti Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 Januari 2021, 08:37 WIB
Dari Dalam Tahanan Navalny Ungkit Kekayaan Putin Hasil Korupsi, Desak Rakyat Rusia Ganti Presiden
Petugas berdiri di luar kantor polisi dekat Moskow tempat Alexei Navalny ditahan pada Senin 18 Januari 2021/Net
rmol news logo Isu tentang adanya tindakan korupsi yang dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menggema sejak 10 tahun lalu. Alexei Navalny, tokoh oposisi dan kritikus paling keras kembali menyuarakan isu itu bersama sekutunya.

Dari dalam tahanan, Navalny, merilis sebuah video di mana ia dan sekutunya mengatakan Putin memiliki istana mewah.

Navalny dan yayasan antikorupsinya menerbitkan video dan foto-foto yang memperlihatkan detail visualisasi 3-D sebuah interoir mewah, lengkap dengan catatan bahwa istana yang berada di Laut Hitam senilai 1,36 miliar dolar AS itu adalah milik Putin yang didapat dari hasil korupsi, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (20/1).

Video yang telah menarik lebih dari 3 juta penonton di YouTube itu memperlihatkan bangunan mewah bak istana yang di dalamnya berisi kasino, teater, interior bergaya Tsar yang indah, dan gelanggang es bawah tanah.

"Berhentilah menunggu dan menghabiskan hidup kita dan pajak kita untuk memperkaya orang-orang ini," katanya. “Jangan diam!”

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan tuduhan tentang istana mewah hasil korupsi itu adalah berita kuno dan tidak benar.

"Saya tidak paham dengan investigasi ini," kata Peskov seperti dikutip oleh Kantor Berita Interfax. “Namun, saya bisa langsung mengatakan bahwa ini adalah berita usang. Kami menjelaskan beberapa tahun yang lalu bahwa Putin tidak memiliki istana di Gelendzhik (di selatan Rusia)."

Navalny dan sekutunya mencoba meningkatkan dukungan bagi politisi oposisi dan gerakannya dalam upaya membongkar korupsi pemimpin Rusia. Dalam video itu Navalny mengatakan sudah waktunya bagi Rusia untuk melakukan pergantian kepemimpinan.

Beberapa bulan lalu, Surat kabar Rusia, Sobesednik, menulis bahwa Putin hidup mewah seperti raja. Pemimpin Kremlin itu memiliki kekayaan senilai ribuan triliun rupiah termasuk sebuah istana super mewah yang ukurannya dua kali Istana Buckingham hingga armada kapal pesiar.

Para pengkritik Putin mengklaim bahwa Putin telah mengumpulkan kekayaan pribadi yang sangat besar dan memiliki armada kapal pesiar, mobil, dan istana rahasia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA