Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkeu AS Pilihan Biden Siap Tingkatkan Upaya Lawan Praktik Penyimpangan Ekonomi China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 Januari 2021, 14:26 WIB
Menkeu AS Pilihan Biden Siap Tingkatkan Upaya Lawan Praktik Penyimpangan Ekonomi China
Menteri Keuangan kabinet Joe Biden Janet Yellen/Net
rmol news logo Menteri Keuangan kabinet Joe Biden, Janet Yellen, mengatakan bahwa pemerintahan AS mendatang siap untuk menggunakan 'berbagai alat' yang diperlukan untuk mengekang penyimpangan ekonomi China, termasuk investasi besar dalam ekonomi AS.

Pernyataan mantan ketua Federal Reserve tersebut disampaikan dalam sidang konfirmasi di depan Komite Keuangan Senat pada Selasa (19/1).

Dalam pernyataannya, Yellen mengkritik pemerintah China atas tindakan yang telah banyak dikecam oleh para ekonom dan komunitas internasional, termasuk membuang produk murah di pasar luar negeri, secara ilegal mensubsidi perusahaan domestik, memberlakukan hambatan perdagangan, dan mencuri kekayaan intelektual.

"Kami perlu mengambil tindakan -terhadap- China yang kejam, tidak adil dan ilegal," katanya, seraya menyebut China sebagai "pesaing strategis terpenting kami," seperti dikutip dari The Hill, Rabu (20/1).

Namun demikian, Yellen tidak merinci tindakan apa yang akan diambilnya atau Presiden terpilih Joe Biden untuk mengekang praktik ekonomi China, dia juga tidak menyebutkan apakah pemerintah akan tetap menerapkan tarif Presiden Trump pada barang-barang China.

Sejauh ini Biden sendiri telah menolak untuk mengatakan apakah dia akan mempertahankan, mencabut atau menyesuaikan tarif Trump pada produk-produk China senilai miliaran dolar. Dia juga tidak banyak bicara tentang tindakan lain apa yang akan dia ambil untuk mengekang praktik tidak adil yang sudah berlangsung lama di China.

Berbeda dengan Trump, yang terkenal dengan negosiasi sepihak dan gaya agresifnya, Yellen justru mengatakan bahwa AS harus bekerja dengan sekutu untuk menghadapi Beijing.

"Saya yakin kita harus mencoba mengatasi praktik perdagangan yang tidak adil, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah bekerja dengan sekutu kita daripada secara sepihak," kata Yellen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA