Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggapi Laporan Panel WHO, Jubir: China Bukan Yang Terbaik Tapi Lebih Baik Dalam Penanganan Krisis Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 Januari 2021, 18:24 WIB
Tanggapi Laporan Panel WHO, Jubir: China Bukan Yang Terbaik Tapi Lebih Baik Dalam Penanganan Krisis Kesehatan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying angkat bicara terkait laporan sementara yang mengatakan bahwa China seharusnya bisa berbuat lebih baik pada Januari untuk menghentikan penyebaran virus corona pada masa awal pandemi.

Hua mengakui bahwa negaranya memang bukan yang terbaik, tapi terus berusaha menjadi lebih baik dalam menangani krisis kesehatan masyarakat, dan setiap negara di dunia memang harus berusaha untuk berbuat lebih baik, bukan hanya China.

"Yang ingin saya sampaikan adalah kita harus berbuat lebih baik, tidak hanya China, tapi juga AS, Inggris, Jepang dan negara lain, dalam krisis kesehatan masyarakat. Selalu tidak ada yang terbaik, hanya lebih baik," kata Hua dalam konferensi pers pada Selasa (19/1).

Komentarnya muncul setelah laporan sementara panel independen mengatakan pada hari Senin (18/1) bahwa China dapat menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat lebih kuat pada bulan Januari untuk mengekang wabah awal Covid-19.

Dalam catatannya, Hua mengatakan, sebagai negara pertama yang meningkatkan kewaspadaan anti-epidemi global, meskipun informasinya tidak lengkap pada saat itu, China segera mendesak dilakukannya deteksi dini, pelaporan dini, isolasi dini, pengobatan dini, yang berhasil mengurangi infeksi dan kematian.

"Tanggapan China terhadap wabah tersebut telah diakui oleh para ilmuwan global dan ahli medis, dan telah sepenuhnya menilai pekerjaan anti-epidemi dan menyimpulkan pengalaman dan kekurangannya," ujarnya.

"Fakta dan angkanya tidak berbohong, dan timeline tanggapan Covid-19 China sangat jelas," Hua menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA