Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat Ke-46

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 20 Januari 2021, 23:53 WIB
Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat Ke-46
Joe Biden resmi mengucap sumpah jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46/Net
rmol news logo Joe Biden baru saja membaca sumpah jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat di hadapan Ketua Mahkamah Agung John Roberts di Capitol, Washington DC, Rabu siang (20/1) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dengan demikian, suami Jill Jacobs-Biden yang punya nama asli Joseph Robinette Biden Jr. ini resmi menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46.

Joe Biden dan pasangannya, Kamala Harris, memenangkan pemilihan presiden bulan November 2020 mengalahkan petahana Donald Trump dan Mike Pence.

Politisi Partai Demokrat ini memulai karier politiknya sebagai anggota Dewan Kota New Castle pada tahun 1971. Saat itu ia baru berusia 27 tahun.

Karier politiknya meningkat. Dua tahun kemudian, di saat usia 29 tahun, ia terpilih sebagai Senator dari Negara Bagian Delaware.

Selama berkantor di Capitol Hill, Joe Biden menduduki sejumlah pos penting. Ia memimpin Komite Hukum di Senat pada tahun 1987 sampai 1995.

Pada periode 2007 sampai 2009 ia memimpin Kaukus Kontrol Narkotika Internasional. Juga di periode yang sama, ia menjadi Ketua Komite Hubungan Luar Negeri di Senat.

Posisi sebagai wakil rakyat dari Delaware di Kongres didudukinya sampai tahun 2009. Di tahun itu, ia dilantik sebagai Wakil Presiden ke-47 mendampingi Barack Obama yang merupakan Presiden ke-44.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai Wakil Presiden pada tahun 2017, Joe Biden kembali ke Delaware dan dua tahun kemudian mengumumkan pencalonan diri untuk menantang Donald Trump di arena Pilpres 2020.

Joe Biden tercatat sebagai laki-laki tertua yang terpilih sebagai Presiden. Ia juga merupakan politisi pertama dari Delaware yang menduduki kursi POTUS.

Selain itu, Joe Biden juga tercatat sebagai presiden beragama Katolik kedua di Amerika Serikat setelah John F. Kennedy yang berkuasa dari 1961 sampai ia tewas dibunuh di Dallas pada tahun 1963. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA