Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Filipina Siap Jaga Hubungan Dekat Dengan Amerika Di Bawah Kepemimpinan Joe Biden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 21 Januari 2021, 06:14 WIB
Filipina Siap Jaga Hubungan Dekat Dengan Amerika Di Bawah Kepemimpinan Joe Biden
Juru bicara kepresidenan Filipina, Harry Roque/Net
rmol news logo Juru bicara kepresidenan Filipina, Harry Roque  mengatakan,  negaranya akan mempertahankan hubungan ‘dekat dan bersahabat’ dengan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden.
“Kami mengucapkan selamat kepada presiden baru dan kami berharap dapat memiliki hubungan yang dekat dan bersahabat dengan pemerintahan Biden,” ujar Roque kepada CNN Filipina, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/1).

Hubungan Filipina-AS mulai diuji sejak Presiden Filipina Rodrigo Duterte menjabat pada tahun 2016 dan memulai berbulan-bulan cercaan sarat sumpah serapah terhadap Amerika Serikat dan berulang kali mengancam akan membatalkan perjanjian militer bilateral mereka.

Duterte telah menjalin hubungan yang lebih hangat dengan China dan Rusia, yang notabene berseberangan  dengan Amerika Serikat. Dia bahkan pernah berkata bahwa dirinya tidak akan mengunjungi Amerika Serikat, serta menyebutnya sebagai negara yang ‘buruk’.

Meskipun Duterte berbicara positif terhadap Presiden AS Donald Trump, namun dia tetap kritis terhadap kebijakan luar negeri Amerika.

Analis politik Filipina memperkirakan pemerintahan Biden akan lebih vokal daripada pendahulunya tentang masalah hak asasi manusia di Filipina, termasuk perang Duterte melawan narkoba. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA