Dari Rusia Hingga Kanada, Harapan Untuk Kepemimpinan Joe Biden

Joe Biden dan Kamala Harris beserta pasangan mereka setelah pelantikan Rabu 20 Januari 2021/Net

Tugas Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat akan sangat berat. Amerika Serikat saat ini sedang dalam keadaan yang memerlukan perhatian khusus setelah pandemi menyerang negara itu dan menjadikannya nomor satu kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Tugasnya di panggung global juga akan menakutkan.

Banyak yang menaruh harapan besar, di mana komunitas internasional merangkul janji Biden untuk memasuki kembali serangkaian pakta dan organisasi global yang dibatalkan oleh Presiden Donald Trump.

Mengiringi pelantikannya yang berlangsung pada Rabu (20/1) siang waktu setempat, beberapa negara memberikan ucapan selamat dan harapannya.

Rusia misalnya. Negara itu mengharapkan hubungan yang 'lebih konstruktif' antara AS dan Moskow di bawah pemerintahan Biden.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa pihaknya ingin memperpanjang Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START Baru) dengan Amerika Serikat untuk jangka waktu lima tahun yang ditetapkan maksimum. Perjanjian senjata AS-Rusia saat ini akan berakhir hanya 16 hari setelah hari pelantikan.

"Kami menganggap sangat mungkin untuk memperpanjang perjanjian itu tanpa prasyarat apa pun. Perpanjangan untuk jangka waktu lima tahun maksimum yang ditetapkan dalam Perjanjian tampaknya lebih disukai," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah Biden dilantik, seperti dikutip dari CNN.

Antony Blinken, pilihan Biden untuk memimpin Departemen Luar Negeri, mengatakan pada hari Selasa bahwa Biden bermaksud untuk mengupayakan perpanjangan Perjanjian START Baru, tetapi menyarankan dia belum membuat keputusan tentang lamanya perpanjangan tersebut.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, mengungkapkan harapannya bahwa hubungan AS-Inggris akan semakin kuat, terutama untuk keamanan trans-atlantik kedua negara.

“Saya berharap dapat bekerja dengannya (Biden), dan dengan pemerintahan barunya. Memperkuat kemitraan antara negara kami dan mengerjakan prioritas bersama. Menangani perubahan iklim, membangun kembali pasca pandemi, dan memperkuat keamanan transatlantik kita,” ujarnya Boris, dikutip dari Reuters, Kamis (21/1).

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa mereka memiliki harapan yang tinggi terhadap AS di bawah kepeimimpinan Biden.

Dalam tweetnya setelah pelantikan Biden, Macron mengatakan:  “Harapan terbaik pada hari yang paling penting ini bagi rakyat Amerika! Kita bersama. Kita akan lebih kuat menghadapi tantangan zaman kita. Lebih kuat untuk membangun masa depan kita. Lebih kuat untuk melindungi planet kita. Selamat datang kembali di Perjanjian Paris!”

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengungkapkan suka citanya atas pelantikan Biden.

Kanada dan Amerika Serikat akan melanjutkan kemitraan dalam memerangi pandemi global dan mendukung pemulihan ekonomi berkelanjutan yang akan membangun kembali lebih baik untuk semua orang, menurut Trudeau.

“Kami juga akan bekerja sama untuk memajukan aksi iklim dan pertumbuhan ekonomi yang bersih, mempromosikan inklusi dan keragaman, serta menciptakan lapangan kerja dan peluang kelas menengah yang baik bagi rakyat kami sambil berkontribusi pada demokrasi, perdamaian, dan keamanan di rumah dan di seluruh dunia.”
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Setelah Nicolas Sarkozy, Pengadilan Prancis Akan Vonis Mantan PM Atas Skandal Korupsi
Dunia

Setelah Nicolas Sarkozy, Pen..

04 Maret 2021 17:12
Enggan Patuhi Junta Militer, Tiga Polisi Myanmar Kabur Ke India
Dunia

Enggan Patuhi Junta Militer,..

04 Maret 2021 16:22
Ketika Barat Sibuk 'Timbun' Vaksin, Afrika Tak Punya Pilihan Selain Kepada China Dan Rusia
Dunia

Ketika Barat Sibuk 'Timbun' ..

04 Maret 2021 16:05
San Paulo Berlakukan 'Kode Merah' Saat Angka Kasus Covid-19 Melonjak
Dunia

San Paulo Berlakukan 'Kode M..

04 Maret 2021 15:58
Kerusakan Bangunan Azerbaijan Di Nagorno-Karabakh Oleh Armenia Mencapai Rp 713 Triliun
Dunia

Kerusakan Bangunan Azerbaija..

04 Maret 2021 15:28
Aktivis Myanmar: Kami Melawan Dengan Cara Apa pun, Tidak Ada Artinya Tetap Hidup Di Bawah Junta
Dunia

Aktivis Myanmar: Kami Melawa..

04 Maret 2021 14:59
Singapura Tak Akan Keluarkan Izin Mobil Diesel Baru Mulai 2025
Dunia

Singapura Tak Akan Keluarkan..

04 Maret 2021 14:42
Teror Bom Misterius Gegerkan Pengunjung Taj Mahal, Aparat Langsung Lakukan Penggeledahan
Dunia

Teror Bom Misterius Gegerkan..

04 Maret 2021 14:23