Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Hadiahi Nepal Dengan Satu Juta Dosis Vaksin Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 21 Januari 2021, 18:08 WIB
India Hadiahi Nepal Dengan Satu Juta Dosis Vaksin Covid-19
Pengiriman vaksin Covid-19 dari India untuk Nepal/Net
rmol news logo India memberikan hadiah berharga kepada Nepal sebagai upaya yang disebut untuk memperbaiki hubungan dua negara tertangga tersebut.

Pada Kamis (21/1), India mengirim 1 juta dosis vaksin AstraZeneca-Universitas Oxford yang diproduksi di bawah lisensi Serum Institute of India kepada Nepal.

Menteri Kesehatan Nepal, Hridayesh Tripathi mengatakan, vaksin tersebut akan disuntikkan kepada petugas medis dalam waktu kurang dari 10 hari mendatang.

Tripathi mengatakan, Nepal juga telah menyatakan keinginan untuk membeli tambahan 4 juta dosis vaksin dari India. Namun sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah India.

Pengiriman 1 juta dosis vaksin merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Luar Negeri Nepal, Pradeep Gyawali ke India pada pekan lalu untuk secara resmi meminta bantuan.

India merupakan produsen vaksin terbesar di dunia dan mulai memasok vaksin Covid-19 secara besar-besaran, khususnya setelah mendapatkan lisensi dari AstraZeneca.

Selain Nepal, India juga telah mengirim 150 ribu dosis vaksin ke Bhutan dan 100 ribu lainnya ke Maladewa pada Rabu (20/1). India juga akan mengirim lebih banyak vaksin ke Bangladesh, Myanmar, dan Seychelles dalam beberapa pekan mendatang.

Hubungan antara India dan Nepal telah tegang oleh sengketa wilayah yang menyebabkan pertukaran pernyataan tegas oleh kedua belah pihak. India juga menuduh pemerintah Komunis Nepal semakin dekat dengan tetangga raksasa lainnya, China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA