Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Berharap Joe Biden Dapat Bangun Kembali 'Jembatan' Yang Telah Rusak Oleh Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 22 Januari 2021, 08:37 WIB
China Berharap Joe Biden Dapat Bangun Kembali 'Jembatan' Yang Telah Rusak Oleh Trump
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo China memiliki harapan yang besar terhadap pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Joe Biden.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying mengatakan, Beijing dan Washington harus mengatur ulang hubungan setelah situasi yang sulit selama pemerintahan Donald Trump.

"Saya pikir setelah waktu yang sangat sulit dan luar biasa ini, baik rakyat China maupun Amerika berhak mendapatkan masa depan yang lebih baik," ujar Hua, seperti dikutip Shanghai Daily, Jumat (22/1).

Hua mengatakan, Biden telah menggunakan kata "persatuan" dalam pidato pengukuhannya yang sangat dibutuhkan untuk hubungan AS dan China saat ini.

Hua juga menyebut, China menyambut baik keputusan Biden untuk tetap berada di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan kembali ke Perjanjian Paris.

“Banyak orang yang berwawasan di komunitas internasional menantikan kembalinya awal hubungan China-AS ke jalur yang benar dalam memberikan kontribusi yang sesuai untuk bersama-sama mengatasi tantangan besar dan mendesak yang dihadapi dunia saat ini," jelasnya.

Dalam pernyataannya, Hua juga mengkritik mantan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo yang telah memperburuk hubungan AS dan China.

"Selama beberapa tahun terakhir, pemerintahan Trump, terutama Pompeo, telah mengubur terlalu banyak ranjau dalam hubungan China-AS yang perlu dihilangkan, membakar terlalu banyak jembatan yang perlu dibangun kembali dan merusak terlalu banyak jalan yang perlu diperbaiki," tuturnya.

Sementara itu, Duta Besar China untuk AS, Cui Tiankai sudah menyampaikan ucapan selamat kepada Biden ketika Hari Pelantikan pada Rabu (20/1).

“Selamat kepada Presiden Biden atas pelantikannya! China berharap dapat bekerja dengan pemerintahan baru untuk mempromosikan perkembangan yang sehat dan stabil dari hubungan China-AS dan bersama-sama mengatasi tantangan global dalam kesehatan masyarakat, perubahan iklim, dan pertumbuhan," ujar Cui. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA