Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Siap Perpanjang Perjanjian Pengurangan Senjata Nuklir Dengan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 Januari 2021, 10:41 WIB
Joe Biden Siap Perpanjang Perjanjian Pengurangan Senjata Nuklir Dengan Rusia
Joe Biden dan isteri jelang pelantikan presiden AS Rabu 20 Januari 2021/Net
rmol news logo Pemerintah AS di bawah kepemimpinan Joe Biden saat ini tengah berusaha untuk mengupayakan perpanjangan lima tahun dari Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) Baru yang akan berakhir pada 5 Februari mendatang.

Juru Bicara Gedung Putih yang baru, Jen Psaki mengatakan hal tersebut saat menggelar jumpa pers pada Kamis (21/1) waktu setempat. Dia menilai, perpanjangan kesepakatan itu menjadi penting mengingat hubungan Washington-Moskow yang sedang bermasalah akhir-akhir ini.

"Perpanjangan ini menjadi lebih masuk akal ketika hubungan dengan Rusia bermusuhan seperti saat ini," kata Psaki, seperti dikutip dari AFP, Jumat (22/1).

Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis pertama, START I, ditandatangani pada tahun 1991 antara AS dan Uni Soviet, dan mulai berlaku pada 1994.

Perjanjian START Baru, ditandatangani pada 2010 oleh mantan Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev, membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dikerahkan menjadi 1.550 dan ICBM, SLBM, dan pembom berat yang dikerahkan untuk persenjataan nuklir menjadi 700 dan termasuk inspeksi untuk memverifikasi kepatuhan dengan kesepakatan.

Juru bicara Pentagon, John Kirby, memuji keputusan Biden untuk memperpanjang perjanjian itu, dengan mengatakan itu 'memajukan pertahanan negara'.

"Kepatuhan Rusia terhadap perjanjian itu telah membantu kepentingan keamanan nasional kami dengan baik, dan orang Amerika jauh lebih aman dengan New START utuh yang diperpanjang," kata Kirby dalam sebuah pernyataan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA