Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiah Mac Pro Dari CEO Apple Untuk Donald Trump Curi Perhatian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 22 Januari 2021, 14:11 WIB
Hadiah Mac Pro Dari CEO Apple Untuk Donald Trump Curi Perhatian
Presiden Donald Trump mengunjungi pabrik manufaktur Apple, Rabu, 20 November 2019, di Austin bersama CEO Apple Tim Cook/AP
rmol news logo Sebuah dokumen keuangan baru yang dirilis beberapa jam setelah Donald Trump angkat kaki dari Gedung Putih mengungkapkan Trump pernah menerima sejumlah hadiah dari sejumlah pihak semasa menjabat.

Salah satu di antaranya adalah hadiah Mac Prosenilai 5.999 dolar AS dari CEO Apple Tim Cook.

Dokumen yang dipublikasikan pada Rabu (21/1) itu mencantumkan item Mac Pro tersebut sebagai "yang pertama dibuat di Pabrik Flex di Austin, Texas".

Sementara itu, mengutip kabar yang dimuat CNN, Apple (AAPL) tidak menanggapi permintaan komentar tentang apakah itu Mac Pro pertama dari pabrikan tersebut.

Namun jika melihat dari waktunya, tampaknya tidak mungkin itu adalah Mac Pro pertama yang dibuat. Pasalnya, pabrik dibuka pada 2013.

Namun, bisa jadi itu adalah model tahun 2019 pertama yang keluar dari fasilitas tersebut.

Belum ada konfirmasi lebih lanjut soal hadiah Mac Pro tersebut. Namun kemungkinan, Mac Pro itu berasal dari kunjungan Trump pada November 2019 untuk menyoroti pekerjaan Amerika di fasilitas manufaktur Flex Ltd. yang membuat produk Apple.

Pasca pertemuan itu kemudian muncul kontroversi. Karena Trump menyiratkan bahwa pabrik itu baru untuk Apple di bawah kepemimpinannya, padahal sebenarnya tidak.

"Kami sedang melihat awal dari sebuah pabrik yang sangat kuat dan penting," kata Trump saat itu.

"Siapa pun yang mengikuti kampanye saya, saya akan selalu berbicara tentang Apple, bahwa saya ingin melihat Apple membangun pabrik di Amerika Serikat. Dan itulah yang terjadi," sambungnya.

Meskipun umum bagi presiden untuk menerima hadiah, namun ada aturan dan regulasi seputar apa yang dapat mereka terima.

Kendati Mac Pro yang diterima Trump adalah hadiah yang mahal, namun adalah harga dasar dari model 2020 saat ini.

Cook dan Trump sendiri diketahui telah membina hubungan yang tidak biasa selama masa kepresidenan Trump, dari makan malam hingga tampil bersama Ivanka Trump untuk mempromosikan pendidikan.

Tetapi keduanya juga kerap bertabrakan selama bertahun-tahun, termasuk ketika Trump terlibat dalam pertarungan antara Departemen Kehakiman dan Apple atas perlindungan keamanan pada iPhone yang digunakan oleh pria bersenjata yang menewaskan tiga orang di pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pensacola, Florida.

Bukan hanya itu, Cook telah juga berbicara menentang kebijakan imigrasi Trump.

Sementara itu, dalam dokumen yang sama juga dicantumkan bahwa Trump juga pernah menerima jaket bomber kulit senilai 529 dolar AS dari ketua Ford Bill Ford, tongkat golf dan aksesori dari Derek Sprague presiden Asosiasi Golf AS, dan sabuk Kejuaraan Ultimate senilai 650 dolar AS dari seniman bela diri profesional Colby Covington. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA