Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Pemimpin Asing Pertama Yang Bicara Dengan Biden Usai Pelantikan, Justin Trudeau Janjikan Pertemuan Bulan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 23 Januari 2021, 13:57 WIB
Jadi Pemimpin Asing  Pertama Yang Bicara Dengan Biden Usai Pelantikan, Justin Trudeau Janjikan Pertemuan Bulan Depan
Perdana Menteri Justin Trudeau dan Wakil Presiden AS Joe Biden tiba pada jamuan makan malam kenegaraan pada hari Kamis, 8 Desember 2016 di Ottawa/Net
rmol news logo Justin Trudeau menjadi pemimpin asing pertama yang bicara dengan Presiden AS Joe Biden setelah pelantikan. Usai melakukan percakapan telepon, perdana menteri Kanada itu menyepakati pertemuan dengan Joe Biden bulan depan, menurut kantor perdana menteri Kanada, Jumat (22/1).

Kedua pemimpin itu akan melakukan upaya kerja sama memerangi virus corona di wilayah Amerika Utara. Ini menjadi kesempatan baik bagi Trudeau untuk bersinergi dengan pemimpin AS yang baru setelah sebelumnya kerap bergejolak dengan pemimpin yang lama.

"Prioritas fundamental kedua negara adalah untuk mengakhiri pandemi Covid-19 global," kata kantor Trudeau dalam sebuah pernyataan.

Tidak dijelaskan apakah pertemuan bulan depan itu berlangsung tatap muka atau virtual.

Biden sangat menyukai Kanada, kata seorang pejabat Kanada. Percakapan dengan Trudeau adalah hal yang sangat positif.

“Biden sangat menyukai Kanada. Dia memahami bahwa kami adalah mitra dan sekutu Amerika Serikat, yang merupakan perubahan nyata dari empat tahun terakhir,” kata sumber itu seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (23/1).

Trudeau, kata sumber itu, akan mengangkat dua topik yang selama ini diperdebatkan, antara lain langkah Biden untuk membatalkan izin pipa minyak Keystone XL dari Kanada ke Amerika Serikat dan proposalnya untuk memperkenalkan kebijakan 'Beli Amerika' yang akan menutup perusahaan Kanada dari pemerintah AS.

Sementara itu, Gedung Putih dalam pernyataannya mengatakan bahwa Biden mengakui kekecewaan Trudeau mengenai keputusan untuk mencabut izin pipa Keystone XL, dan menegaskan kembali komitmennya untuk mempertahankan dialog bilateral aktif dan untuk lebih memperdalam kerja sama dengan Kanada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA