Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengadilan Perintahkan Pembebasan Pemimpin Oposisi Uganda Bobi Wine Dari Tahanan Rumah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 25 Januari 2021, 19:22 WIB
Pengadilan Perintahkan Pembebasan Pemimpin Oposisi Uganda Bobi Wine Dari Tahanan Rumah
Tokoh oposisi Uganda Bobi Wine/Net
rmol news logo Pemimpin oposisi Uganda Bobi Wine yang kalah dari petahana dalam pemilihan presiden awal Januari lalu, bisa bernapas lega setelah pengadilan memerintahkan pasukan keamanan untuk menghentikan pengepungan rumahnya.

Kabar mengenai hal tersebut disampaikan oleh pengacara Wine, George Musisi, pada Senin (25/1) waktu setempat. Dia mengatakan perintah pembebasan itu datang setelah muncul tekanan dari dunia internasional.

"Hakim memerintahkan bahwa negara dan badan-badannya harus segera mengosongkan propertinya dan hak kebebasan pribadinya harus segera dipulihkan," kata Musisi, seperti dikutip dari Reuters, Senin (25/1).

Juru bicara polisi Patrick Onyango mengatakan bahwa dirinya belum bisa berkomentar karena keputusan tersebut belum diterima.

Wine bersama sang istri telah 'terjebak' di dalam rumahnya sendiri sejak pasukan keamanan mengepung kediaman bintang pop berusia 38 tahun itu, pasca dirinya memberikan suara dalam pemilihan 14 Januari lalu, di mana dia melawan petahana Yoweri Museveni.

Museveni (76), yang berkuasa sejak 1986, dinyatakan sebagai pemenang dengan raihan 59 persen melawan 35 persen suara untuk Wine, yang selama bertahun-tahun mengecam korupsi dan nepotisme dalam lagu-lagunya.

Dia menolak hasil tersebut, dengan tuduhan penipuan yang dibantah oleh pemerintah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA