Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IMF: Vaksin Covid-19 Akan Menggerakkan 5,5 Persen Pertumbuhan Ekonomi Global Tahun 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 26 Januari 2021, 21:46 WIB
IMF: Vaksin Covid-19 Akan Menggerakkan 5,5 Persen Pertumbuhan Ekonomi Global Tahun 2021
IMF memperkirakan bahwa penyebaran vaksin Covid-19 tahun ini akan mendorong pemulihan ekonomi yang lebih kuat/Net
rmol news logo Penyebaran vaksin Covid-19 yang semakin gencar dilakukan di banyak negara di dunia tahun 2021 akan berdampak besar bukan hanya pada sektor kesehatan tapi juga ekonomi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Merujuk pada perkiraan Dana Moneter Internasional (IMF), penyebaran vaksin Covid-19 tahun ini akan mendorong pemulihan ekonomi global yang lebih kuat.

IMF memperkirakan, setelah tenggelam 3,5 persen pada 2020 lalu, yang merupakan tahun terburuk sejak Perang Dunia II, ekonomi global akan tumbuh 5,5 persen tahun ini.

Jika terealisasi, maka ini akan menandai tahun tercepat pertumbuhan global sejak tahun 2010 lalu di mana terjadi krisis keuangan di sejumlah tempat.

Dalam pembaruan untuk Outlook Ekonomi Dunia yang dirilis pekan ini (Selasa, 26/1), IMF menyebut bahwa vaksin akan membantu menahan penyebaran virus dan memungkinkan pemerintah di seluruh dunia untuk memudahkan penguncian dan mendorong kembali aktivitas ekonomi ke arah normal.

Tetapi di sisi lain IMF juga menekankan bahwa ekonomi di seluruh dunia tetap akan membutuhkan dukungan dari pemerintah mereka untuk mengimbangi kerusakan akibat pandemi.

Bukan hanya itu, IMF juga memperingatkan bahwa mutasi virus corona dapat mengaburkan prospek kesehatan global dan pertumbuhan ekonomi.

IMF juga memperkirakan bahwa ekonomi Amerika Serikat akan tumbuh 5,1 persen tahun ini setelah jatuh 3,1 persen tahun 2020 lalu.

Sementara China diperkirakan akan mencatat pertumbuhan 8,1 persen setelah mengalami peningkatan 2,3 persen pada tahun 2020 lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA