Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping Dukung Korsel Wujudkan Denuklirisasi Semenanjung Korea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 27 Januari 2021, 15:46 WIB
Xi Jinping Dukung Korsel Wujudkan Denuklirisasi Semenanjung Korea
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dan Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China, Xi Jinping memberikan dukungan kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in untuk mendorong denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Hal itu disampaikan Xi dalam panggilan telepon dengan Moon pada Selasa (26/1) yang diungkap oleh Cheong Wa Dae atau kantor kepresidenan Korea Selatan pada Rabu (27/1).

Cheong Wa Dae menuturkan, Xi mengatakan situasi Semenanjung Korea dalam kondisi stabil secara umum, tetapi China mendukung peran Korea Selatan untuk resolusi politik.

Selain itu, Xi juga menyampaikan komitmen China untuk mendukung diselenggarakannya KTT tahunan dengan Jepang yang seharusnya digelar pada tahun lalu, namun ditunda karena pandemi.

"Presiden Xi berjanji bahwa China akan memperkuat kerja sama dengan Korea Selatan untuk membuka KTT secepatnya," ujar Cheong Wa Dae, seperti dikutip Yonhap.

Terkait denuklirisasi, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken juga telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha.

Keduanya menekankan bahwa persoalan nuklir Korea Utara adalah masalah yang perlu ditangani segera oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA