Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebih Efektif Deteksi Covid-19, China Mulai Gunakan Tes Swab Anal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 27 Januari 2021, 17:46 WIB
Lebih Efektif Deteksi Covid-19, China Mulai Gunakan Tes Swab Anal
Tempat pengujian Covid-19/Net
rmol news logo China mulai menggencarkan penggunaan tes swab lewat anal untuk menguji infeksi Covid-19 karena dianggap lebih efektif mendeteksi virus.

Dalam laporan TV pemerintah, CCTV yang dimuat AFP pada Rabu (27/1), tes swab anal dilakukan China untuk menguji penduduk di wilayah yang terkonfirmasi kasus Covid-19.

Pekan lalu metode tersebut sudah digunakan di Beijing.

Dalam beberapa pekan terakhir, banyak wilayah di China diisolasi karena ditemukannya kasus Covid-19. Otoritas juga mendorong kampanye pengujian massal, yang saat ini sebagian besar digunakan dengan tes swab tenggorokan dan hidung.

Namun seorang dokter senior dari Rumah Sakit You'an di Beijing, Li Tongzeng menjelaskan, tes swab anal dapat meningkatkan deteksi orang yang terinfeksi karena jejak virus bertahan lebih lama di anus daripada saluran pernapasan.

Sejumlah warga di Weibo menyambut penggunaan tes swab anal dengan campuran gembira dan ngeri.

"Sangat beruntung saya kembali ke China lebih awal," tulis seorang pengguna.

"Kerusakan rendah, tetapi penghinaan ekstrem," kata yang lain, menggunakan emotikon tawa.

"Saya telah melakukan dua swab anal, setiap kali saya melakukannya, saya harus melakukan swab tenggorokan setelahnya, saya sangat takut perawat akan lupa menggunakan usap baru," canda pengguna lainnya.

Meski begitu, CCTV menekankan, metode swab anal tidak akan digunakan secara meluas karena kemungkinan lebih tidak nyaman.

Untuk menghentikan penyebaran virus, China sudah memberlakukan persyaratan yang lebih ketat pada kedatangan internasional.

Semua kedatangan ke negara tersebut harus memiliki beberapa hasil tes negatif dan karantina setidaknya selama 14 hari di hotel yang ditunjuk pada saat kedatangan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA