Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Karantina Selesai, Tim Ilmuwan WHO Lancarkan Misi Selidiki Asal-usul Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 28 Januari 2021, 15:35 WIB
Karantina Selesai, Tim Ilmuwan WHO Lancarkan Misi Selidiki Asal-usul Virus Corona
Tim ilmuwan yang dikirim untuk menyelidiki asal-usul virus corona di China/net
rmol news logo Tim penyelidik asal muasal virus corona yang sudah tiba di Wuhan, China telah menjalani karantina dan meninggalkan hotel pada Kamis (28/1).

Tim yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) itu akan memulai misi untuk menyelidiki sumber dari virus corona yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China pada akhir 2019.

"Agak sedih untuk mengucapkan selamat tinggal pada 'gym' dan 'kantor', di mana saya telah bersembunyi selama dua pekan terakhir," ujar seorang anggota tim, Peter Daszak.

Selama berada di karantina, tim tersebut bekerja menggunakan konferensi video.

Tim yang dipimpin oleh ahli penyakit hewan Peter Ben Embarek terdiri dari 13 ilmuwan. Mereka diperkirakan akan tetap berada di China selama dua pekan ke depan.

Dalam misinya, mereka kan melakukan wawancara dan kunjungan ke lembaga penelitian, rumah sakit, hingga pasar makanan laut Wuhan.

Tim tersebut tiba di China pada Kamis (14/1). Penyelidikan mengenai asal-usul virus corona merupakan misi yang sudah lama ditunggu-tunggu. WHO menyebut, tim ahli akan berangkat ke China pada awal Januari, tetapi kemudian mengaku terdapat hambatan visa.

Pernyataan WHO itu dibantah oleh Kementerian Luar Negeri China sebagai sebuah kesalahpahaman. Kementerian menyatakan, belum ada pembicaraan mengenai kunjungan tim ahli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA