Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden Tunjuk Mantan Asisten Obama Jadi Utusan Khusus Untuk Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 29 Januari 2021, 12:47 WIB
Biden Tunjuk Mantan Asisten Obama Jadi Utusan Khusus Untuk Iran
Mantan asisten Obama, Robert Malley, yang ditunjuk sebagai utusan khusus Iran/Net
rmol news logo Mantan penasihat utama dalam pemerintahan Obama ini akhirnya dipilih oleh Joe Biden sebagai utusan khusus untuk Iran, setelah sebelumnya terdengar desas-desus soal penunjukkan ini.

Pejabat senior Departemen Luar Negeri, membenarkan laporan Reuters itu, menekankan bahwa penunjukan itu telah dikonfirmasi sejak Kamis (28/1).

Robert Malley pernah bertugas di bidang yang sama pada masa pemerintahan Barack Obama. Ia adalah kunci dari perundingkan perjanjian nuklir Iran.

Penunjukan Malley mendapat kritik dari beberapa anggota parlemen Republik dan kelompok pro-Israel yang beranggapan bahwa Malley akan bersikap lunak terhadap Iran dan keras terhadap Israel. Tetapi sejumlah veteran kebijakan luar negeri mematahkan dugaan itu.

Malley akan ada di garis depan dalam upaya Washington menemukan cara untuk menangani Iran setelah bertahun-tahun hubungan yang memburuk di bawah pemerintahan Donald Trump. Trump telah menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional 2015 dengan Teheran dan memberlakukan kembali sanksi ekonomi.

Diplomat tinggi Biden, Anthony Blinken, pada hari Rabu berpegang pada sikap pemerintahan baru bahwa Teheran harus kembali mematuhi kesepakatan nuklir Iran. Blinken menegaskan kembali kebijakan Biden, bahwa jika Iran kembali memenuhi kewajibannya di bawah JCPOA, Amerika Serikat akan melakukan hal yang sama.

Biden mempercayakan Malley, putra dari seorang pakar Iran dan jurnalis terkenal Mesir, untuk menangani masalah itu.

Mallay bukan saja pernah memegang banyak posisi senior di pemerintahan Demokratik Obama, tetapi juga di masa pemerintahan Presiden Bill Clinton dengan fokus pada pembuatan kebijakan Timur Tengah dan Teluk. Malley juga adalah penasihat tim Biden selama kampanye 2020.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA