Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Luncurkan Kapal Serbu Amfibi Dan Satu Fregat Untuk Angkatan Laut Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 Januari 2021, 06:36 WIB
China Luncurkan Kapal Serbu Amfibi Dan Satu Fregat Untuk Angkatan Laut Pakistan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Demi menambah daya gedor angkatan perangnya, China meluncurkan sebuah kapal serbu amfibi Type 075 yang ketiga. Peluncuran tersebut berbarengan dengan dirilisnya fregat Type 054A  kedua yang khusus dibuat untuk Angkatan Laut Pakistan, seperti dilaporkan Global Times, Jumat (29/1). 

Sejumlah pengamat militer menilai China saat ini memang memiliki kebutuhan strategis dan taktis yang mendesak dalam pengembangan kapal serbu amfibi. Oleh karenanya, mereka menilai peluncuran kapal perang semacam itu memang sangat dibutuhkan untuk menjaga integritas dan kedaulatan teritorial mereka di wilayah Laut China Selatan yang disengketakan.

Peluncuran fregat Tipe 054A kedua untuk Pakistan dinilai akan secara signifikan meningkatkan kemampuan pertahanan dan pencegahan maritim negara tersebut.

Global Times melaporkan pada Jumat (29/1), Angkatan Laut Pakistan telah mengontrak pembangunan empat fregat Tipe 054A/P dari China sejak 2017, dan kapal pertama telah diluncurkan pada Agustus 2020.

"Semua kapal dikirim sesuai jadwal yang direncanakan," kata Angkatan Laut Pakistan dalam sebuah pernyataan . rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA