Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panggilan Pertama Menlu AS Antony Blinken Ke India, Bahas Vaksinasi Hingga Perluasan Hubungan Bilateral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 Januari 2021, 15:57 WIB
Panggilan Pertama Menlu AS Antony Blinken Ke India, Bahas Vaksinasi Hingga Perluasan Hubungan Bilateral
Menteri Luar Negeri India S Jaishankar /Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri India S Jaishankar dan Menteri Luar Negeri AS yang baru dilantik, Antony Blinken, melakukan komunikasi melalui sambungan telepon pertama pada Jumat (29/1). Kedua diplomat tersebut menegaskan kembali kemitraan bilateral yang berkembang antara New Delhi dan Washington.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Edward Price mengatakan, keduanya membahas beberapa masalah yang menjadi perhatian bersama saat ini, termasuk upaya vaksinasi Covid-19, perkembangan regional dan langkah selanjutnya dalam memperluas hubungan bilateral.

Price mengatakan, Blinken menggarisbawahi peran India sebagai mitra AS yang unggul di Indo-Pasifik dan pentingnya bekerja sama untuk memperluas kemitraan regional, termasuk melalui Quad.

"Keduanya sepakat untuk berkoordinasi erat pada perkembangan global dan berharap untuk bertemu langsung pada kesempatan paling awal," kata Price, seperti dikutip dari The Hindu, Sabtu (30/1).

Usai telepon, Blinken lewat akun Twitternya mengaku senang bisa bicara langsung dengan S Jaishankar. Dia juga mengungkapkan tentang pentingnya membangun hubungan antara India dan Amerika.

“Saya sangat senang berbicara hari ini dengan teman baik saya @DrSJaishankar untuk membahas prioritas AS-India. Kami menegaskan kembali pentingnya hubungan AS-India dan membahas cara-cara agar kami dapat lebih memanfaatkan peluang baru dan memerangi tantangan bersama di Indo-Pasifik dan sekitarnya," cuit Blinken.

Sejak duduk di kursi markas besar Departemen Luar Negeri, Blinken telah melakukan pembicaraan dengan lebih dari selusin peewakilan negara, termasuk Kanada, Meksiko, Jepang, Korea Selatan, Australia, Inggris, Jepang, Jerman, Prancis, Israel, dan Afrika Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA