Farah.ID
Farah.ID

Kongres Kembali Pilih Nguyen Phu Trong Sebagai Sekjen Partai Komunis Vietnam

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 31 Januari 2021, 14:34 WIB
Kongres Kembali Pilih Nguyen Phu Trong Sebagai Sekjen Partai Komunis Vietnam
Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam, Nguyen Pu Trong/Net
Partai Komunis Vietnam telah memilih kembali Nguyen Phu Trong sebagai sekretaris jenderal untuk periode lima tahun ke depan.

Trong dipilih dalam Kongres Partai Komunis Vietnam ke-13 pada Minggu (31/1). Trong terpilih untuk ketiga kalinya, setelah berkuasa selama satu dekade.

Rekam jejak Trong selama lima tahun terakhir yang berhasil menumpas korupsi membuatnya dapat mempertahankan kekuasaan. Padahal, berdasarkan peraturan partai, sekretaris jenderal di atas 65 tahun harus pensiun, sedangkan Trong berusia 76 tahun.

"Kamerad Nguyen Phu Trong terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Vietnam, periode XIII," lapor Kantor Berita Vietnam (VNA).

Kongres Partai Komunis Vietnam ke-13 digelar di Pusat Konvesi Nasional, Hanoi sejak Selasa (26/1). Sehari sebelumnya, Senin (15/1), hampir 1.600 delegasi yang hadir berkunjung dan memberikan penghormatan kepada Presiden Ho Chi Minh di mausoleumnya. Para delegasi juga mempersembahkan dupa dan karangan bunga di Monumen Pahlawan di Hanoi.

Kongres yang digelar hingga 2 Februari itu akan membahas sejumlah pembahasan terkait rencana lima tahunan partai hingga memilih pemimpin.

Vietnam secara resmi memiliki empat 'pilar' kepemimpinan, yaitu Ketua Partai, Presiden Negara Bagian, Perdana Menteri dan Ketua Majelis Nasional.

ARTIKEL LAINNYA