Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berperan Dalam Normalisasi Hubungan Israel, Jared Kushner Masuk Nominasi Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 01 Februari 2021, 16:09 WIB
Berperan Dalam Normalisasi Hubungan Israel, Jared Kushner Masuk Nominasi Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian
Mantan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner/Net
rmol news logo Menantu mantan Presiden Donald Trump sekaligus mantan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner masuk ke dalam nominasi pemenang Hadiah Nobel Perdamaian.

Selain Kushner, wakilnya Avi Berkowitz juga masuk ke dalam nominasi tersebut berdasarkan rekomendasi seorang pengacara Amerika, Alan Dershowitz pada Minggu (31/1).

Masuknya Kushner ke dalam nominasi karena ia terlibat negosiasi normalisasi Israel dengan empat negara Arab atau yang dikenal dengan Persetujuan Abraham.

Sebagai seorang profesor emeritus di Harvard Law School, Dershowitz memenuhi syarat untuk memberikan rekomendasi.

Dershowitz dikenal sebagai pengacara pembela Trump pada persidangan pemakzulan pertamanya tahun lalu. Ia juga mendukung klaim bahwa bahwa sidang pemakzulan Trump yang kedua kalinya tidak sesuai konstitusi.

Dalam suratnya kepada panitia Nobel, Dershowitz juga mengutip hasil kerja mantan Duta Besar AS untuk Israel David Friedman dan mantan duta besar Israel untuk AS Ron Dermer dalam kesepakatan normalisasi.

"Hadiah Nobel Perdamaian bukan untuk popularitas. Juga bukan penilaian tentang apa yang mungkin dipikirkan komunitas internasional tentang mereka yang membantu mewujudkan perdamaian. Ini adalah penghargaan untuk memenuhi kriteria menakutkan yang ditetapkan oleh Alfred Nobel dalam surat wasiatnya," tulis Dershowitz, seperti dikutip Reuters.

Dalam sebuah pernyataan, Kushner mengatakan dia merasa terhormat dinominasikan. Hadiah Nobel Perdamaian sendiri  akan diberikan pada Oktober. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA