Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Reaksi China, Tetangga Dan Sekutu Terdekat Myanmar Atas Aksi Kudeta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 02 Februari 2021, 08:32 WIB
Reaksi China, Tetangga Dan Sekutu Terdekat Myanmar Atas Aksi Kudeta
Tentara berjaga di jalan yang diblokade menuju Parlemen Myanmar di Naypyidaw pada Senin setelah militer menahan pemimpin negara itu, Daw Aung San Suu Kyi, dalam kudeta/Net
rmol news logo Sebagai tetangga dekat, China telah merespon peristiwa kudeta Myanmar dengan sangat hati-hati. juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin menyatakan keprihatinannya dan berharap semua pihak dapat berdialog untuk mengatasi perbedaan.  

China merupakan salah satu investor terbesar Myamar. Myanmar telah menjadi fokus pertama dalam tur regional bulan lalu oleh menteri luar negeri China, Wang Yi, yang berjanji memberikan vaksin virus corona buatan China ke Myanmar secara gratis.

“China dan Myanmar adalah tetangga yang ramah. Kami berharap semua pihak akan menangani perbedaan mereka dengan baik di bawah konstitusi dan kerangka hukum untuk menjaga stabilitas politik dan sosial,” kata Wang Wenbin, seperti dikutip dari New York Time, Senin (1/2).

Wang Wenbin berharap semua dapat berjalan baik dan damai.

Sejauh ini China telah merajut hubungan dekat yang hangat baik dengan Aung San Suu Kyi -yang saat ini dalam penahanan militer Myanmar-, maupun dengan Panglima Angkatan Darat Min Aung Hlaing -yang saat ini memegang kendali kekuasaan.

Militer Myanmar menggulingkan pemerintah demokratis yang rapuh di negara itu dalam kudeta pada hari Senin (1/2) dini hari waktu setempat. Militer menangkap para pemimpin sipil, mematikan internet dan memutus penerbangan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA