Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Crew Dragon, SpaceX Siap Luncurkan Miliarder Jared Isaacman Ke Luar Angkasa Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 02 Februari 2021, 10:19 WIB
Pakai Crew Dragon, SpaceX Siap Luncurkan Miliarder Jared Isaacman Ke Luar Angkasa Tahun Ini
Jared Isaacman/Net
rmol news logo SpaceX mengumumkan rencananya untuk membawa miliarder muda Jared Isaacman ke luar angkasa menggunakan pesawat Crew Dragon.

Itu merupakan penerbangan luar angkasa pertama untuk meluncurkan awak yang bukan astronot profesional ke orbit Bumi.

SpaceX pada Senin (1/2) mengungkap, nama misi tersebut Inspiration4 dan dijadwalkan akan dilakukan pada kuartal keempat 2021.

Isaacman merupakan seorang pengusaha berusia 37 tahun. Ia telah membeli tiket peluncuran Crew Dragon yang berisi untuk empat orang

Meskipun dia mengatakan telah menghabiskan lebih dari 6.000 jam menerbangkan jet dan pesawat bekas militer, dia belum pernah ke luar angkasa.

"Ini merupakan tonggak penting untuk memungkinkan akses ke luar angkasa bagi semua orang," ujar CEO SpaceX, Elon Musk seperti dikutip Business Insider.

"Karena pada awalnya barang sangat mahal, dan hanya melalui misi seperti inilah kami dapat menurunkan biaya seiring waktu dan membuat ruang dapat diakses oleh semua orang," lanjutnya

Isaacman sendiri sudah memilih anggota kru pertama yang akan mendampingi peluncurannya. Ia adalah seorang wanita yang belum diungkap identitasnya. Namun ia adalah pekerja medis di Rumah Sakit Penelitian Anak St. jude

Sedangkan dua kru akan dipilih dari undian selama sebulan yang bertujuan mengumpulkan 100 juta dolar AS untuk penelitian kanker masa kanak-kanak di St. Jude, selain sumbangan 100 juta dolar AS dari Isaacman.

"Jika kita akan terus membuat kemajuan di luar angkasa, maka kita memiliki kewajiban untuk melakukan hal yang sama di bumi ini," kata Isaacman saat menelepon.

Kru ketiga akan diberikan Isaacman kepada seorang pengusaha yang membuat toko online untuk Shift4Shop milik Isaacman.

Adapun kru yang akan berangkat bersama Isaacman harus berusia di atas 18 tahun dan merupakan penduduk Amerika Serikat. Mereka juga akan menjalani pemeriksaan medis dasar.

"Jika Anda bisa naik roller coaster, seperti naik roller coaster yang intens, Anda akan baik-baik saja untuk terbang di atas Dragon," kata Musk.

Pemilihan kru akan diumumkan pada akhir Februari. Kemudian, kru akan segera memulai program pelatihan astronot SpaceX, dengan Isaacman membuat beberapa tambahan yang terinspirasi dari pengalaman mendaki gunungnya.

SpaceX meluncurkan penerbangan luar angkasa komersial pertama pada Mei 2020, membawa astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam misi demonstrasi yang disebut Demo-2.

Setelah Crew Dragon dengan aman mengembalikan Behnken dan Hurley ke Bumi, menerjunkan mereka ke Teluk Meksiko dua bulan setelah peluncurannya, SpaceX memulai misi pertama dari enam misi rotasi ISS yang dikontrak NASA dari perusahaan.

Misi Crew-1 meluncurkan awak penuh pertama SpaceX yang terdiri dari empat astronot pada November, di atas kapsul Crew Dragon bernama Resilience, yang tetap terpasang di ISS sampai para astronot kembali pada musim semi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA