Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

10.813 Warga Hong Kong 'Kabur' Ke Taiwan Usai China Berlakukan UU Keamanan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 03 Februari 2021, 15:16 WIB
10.813 Warga Hong Kong 'Kabur' Ke Taiwan Usai China Berlakukan UU Keamanan Nasional
Jumlah warga Hong Kong yang pindah ke Taiwan pada 2020 naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya/Net
rmol news logo Jumlah warga Hong Kong yang pindah ke Taiwan meningkat dua kali lipat setelah Beijing memberlakukan UU keamanan nasional.

Badan Imigrasi Nasional Taiwan melaporkan, 10.813 warga Hong Kong pindah ke Taiwan pada 2020, naik dari 5.858 dari tahun sebelumnya.

Rekor eksodus warga Hong Kong sebelumnya tercatat pada 2014, selama Umbrella Movement. Ketika itu, sebanyak 7.506 warga Hong Kong bermigrasi ke Taiwan.

Surat kabar Taiwan, Liberty times menyebut, jumlah migrasi tersebut akan lebih tinggi jika bukan karena pembatasan Covid-19.

Dilaporkan AFP pada Rabu (3/1), Taiwan memang telah lama menjadi alternatif warga Hong Kong karena tingginya harga sewa di sana.

Taiwan sendiri tidak memiliki undang-undang suaka atau pengungsi, juga tidak menerima aplikasi pengungsi. Namun warga Hong Kong dapat mengajukan permohonan untuk tinggal di pulau itu melalui saluran lain, termasuk visa investasi.

Pemerintah Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen telah berjanji mendukung gerakan demokrasi Hong Kong dan meluncurkan kantor baru tahun lalu untuk menangani warga Hong Kong yang ingin tinggal di pulau itu.

Selain Taiwan, Kanada juga menjadi tujuan favorit warga Hong Kong. Baru-baru ini, Inggris juga telah memberlakukan skema visa baru, di mana warga Hong Kong yang memiliki paspor British National Overseas (BNO) memiliki keistimewaan untuk mendapatkan kewarganegaraan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA