Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Parlemen AS Rekomendasikan Gerakan Pro-Demokrasi Hong Kong Untuk Hadiah Nobel Perdamaian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 04 Februari 2021, 09:51 WIB
Parlemen AS Rekomendasikan Gerakan Pro-Demokrasi Hong Kong Untuk Hadiah Nobel Perdamaian
Gerakan pro-demokrasi Hong Kong pada 2019/Net
rmol news logo Sejumlah anggota parlemen Amerika Serikat (AS) merekomendasikan gerakan pro-demokrasi Hong Kong untuk masuk ke dalam nominasi Hadiah Nobel Perdamaian.

Sembilan anggota parlemen yang dipimpin oleh Senator Republik Macro Rubio dan perwakilan Demokrat Jim McGovern memberikan surat rekomendasi kepada penyelenggara pada Rabu (3/2).

Dalam surat tersebut, para anggota parlemen menyoroti bagaimana lebih dari dua juta orang di Hong Kong turun ke jalan pada 16 Juni 2019 untuk menyuarakan tuntutan mereka.

"Mengingat Hong Kong memiliki populasi 7,5 juta, itu merupakan salah satu protes massa terbesar dalam sejarah," ujar para anggota parlemen, seperti dikutip The Guardian.

“Hadiah ini akan menghormati keberanian dan tekad mereka yang telah menginspirasi dunia. Kami berharap komite Nobel akan terus menyoroti mereka yang memperjuangkan perdamaian dan hak asasi manusia di China dan kami yakin gerakan pro-demokrasi di Hong Kong layak mendapatkan pengakuan tahun ini," lanjut mereka.

Para anggota parlemen mengatakan mereka memperkirakan akan ada lebih banyak aktivis pro-demokrasi Hong Kong yang akan dihukum dalam beberapa bulan mendatang karena memiliki pandangan yang berbeda.

Tahun lalu, China memberlakukan UU Keamanan Nasional yang digunakan untuk menekan perbedaan pendapat.

Sejumlah aktivis kemudian ditangkap dan didakwa di bawah UU tersebut, termasuk Joshua Wong yang berusia 24 tahun.

Anggota parlemen terpilih di seluruh dunia, serta pemerintah, akademisi, dan hakim internasional memiliki hak untuk mencalonkan kandidat penerima hadiah Nobel perdamaian. Rekomendasi tidak berarti mereka akan dipilih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA