Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Dorong Penguatan Kerja Sama Penanggulangan Bencana Antara Italia dan Negara ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 05 Februari 2021, 08:22 WIB
Indonesia Dorong Penguatan Kerja Sama Penanggulangan Bencana Antara Italia dan Negara ASEAN
Duta Besar RI Roma, Esti Andayani/Net
rmol news logo Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, yang juga ketua ASEAN Committee in Rome (ACR) menekankan pentingnya peningkatan kerja sama penanggulangan bencana mengingat Italia dan negara-negara ASEAN berada di wilayah yang rawan terhadap bencana alam.

Dalam diskusi virtual Training Course on Civil Protection bersama negara-negara ASEAN dan ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assiatance and Emergency Responses (AHA) Center, Esti juga memaparkan sejumlah capain penting ASEAN di bidang penanggulangan bencana alam.

"Kita, Italia, dan Negara ASEAN, terletak di wilayah rawan bencana alam. Negara anggota ASEAN menyadari pentingnya upaya penanggulangan bencana alam ini baik pada level nasional maupun regional melalui ASEAN," ujar Esti, dalam rilis yang diterima Kantor Berita Republik Merdeka, Jumat (5/2).

Capaian penting ASEAN di bidang penanggulangan bencana alam disebutkan Esti antara lain persetujuan ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Responses (AADMER) pada tahun 2005, pendirian AHA Center di Jakarta pada tahun 2011, Deklarasi One ASEAN One Response, ASEAN Vision 2025 on Disaster Management, dan AADMER Work Programme 2021-2025.

Training Course on Civil Protection yang diselenggarakan oleh pemerintah Italia ini dibuka dengan pidato sambutan oleh Direktur Jenderal Urusan Global Kemlu Italia, Mr. Luca Sabbatucci, yang menjelaskan latar belakang dan tujuan program kegiatan dalam kerangka kerja sama ASEAN-Italia.

Kegiatan pembukaan kursus telah dilakukan secara virtual pada Senin (3/2) dan dihadiri oleh pejabat Kementerian Luar Negeri Italia, Civil Protection Department, Duta Besar (Dubes) negara anggota ASEAN (ASEAN Committee in Rome / ACR), Dubes Italia di negara Asia Tenggara, AHA Center, CIMA Foundation dan beberapa lembaga riset Italia, perserta kursus, serta lainnya.

Training Course on Civil Protection terdiri dari 2 (dua) sesi, yaitu pelatihan Sistem Peringatan Dini dan pelatihan Manajemen Resiko Bencana dan Peningkatan Kesadaran Publik terkait bencana.

Sebanyak 24 peserta kursus dari negara anggota ASEAN dan AHA Center tercatat mengikuti pelatihan ini, termasuk BNPB Indonesia yang juga mengirimkan 3 orang pesertanya.

Esti menyampaikan bagaimana upaya penanggulangan bencana alam di Indonesia, termasuk peran, tugas dan fungsi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta koordinasi yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah.

"Kursus online kali ini tentunya menunjukkan pentingnya kerja sama, saling membagi pengalaman, pengetahuan dan keahlian di bidang penanggulangan bencana alam, serta membuktikan bahwa kemitraan ASEAN - Italia bermanfaat bagi kita semua. Kami, ACR, tentunya akan terus mendukung penguatan kerja sama tersebut," tutup Esti. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA