Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Kecaman Internasional, Militer Myanmar Kembali Tangkap Pejabat Partai NLD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Februari 2021, 09:08 WIB
Di Tengah Kecaman Internasional, Militer Myanmar Kembali Tangkap Pejabat Partai NLD
Wen Htein dan Aung San Suu Kyi/Net
rmol news logo Seorang pejabat partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) kembali menjadi target penangkapan militer Myanmar selama kudeta yang dimulai pada awal pekan ini.

Ia adalah Win Htein, seorang pendukung Aung San Suu Kyi. Melalui panggilan telepon dengan Reuters pada Jumat (5/2), pria 79 tahun itu mengaku telah ditangkap. Ia mengatakan dibawa oleh petugas polisi dengan mobil dari Yangon ke ibukota Naypyidaw.

"Kami telah diperlakukan buruk terus menerus untuk waktu yang lama. Saya tidak pernah takut pada mereka karena saya tidak melakukan kesalahan apa pun sepanjang hidup saya," ujar Win Htein.

Pemimpin negara Aung San Suu Kyi bersama sejumlah pejabat partai NLD ditangkap dan ditahan sejak Senin (1/2). Penangkapan dilakukan di tengah ketegangan antara pemerintah sipil dan militer akibat pemilu pada November 2020.

Aung San Suu Kyi sendiri didakwa karena mengimpor enam radio walkie-talkie secara ilegal.

Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik Myanmar (AAPP) pada Kamis (4/2) mengatakan, militer sudah menangkap setidaknya 147 orang sejak kudeta, termasuk anggota parlemen hingga aktivis.

Sejumlah negara telah banyak mengecam kudeta yang dilakukan oleh militer. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga telah menyerukan pembebasan Aung San Suu Kyi dan tahanan lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA