Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Muhyiddin Minta Jokowi Perkuat Upaya Hentikan Arus PMI Ilegal Ke Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Februari 2021, 15:45 WIB
PM Muhyiddin Minta Jokowi Perkuat Upaya Hentikan Arus PMI Ilegal Ke Malaysia
Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin saat melakukan jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta pada 5 Februari 2021/Repro
rmol news logo Isu mengenai pekerja migran tidak luput dari pembahasan selama pertemuan bilateral antara Presiden RI, Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam jumpa pers bersama keduanya di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (5/2), Jokowi menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Malaysia yang telah banyak melindungi WN di Malaysia, terutama selama pandemi.

Pada kesempatan yang sama, Muhyiddin mengatakan, ia telah mambahas mengenai program rekalibrasi atau pemutihan bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal di Malaysia. Dengan program yang akan berlangsung hingga Juni tersebut, PMI ilegal dapat pulang ke tanah air.

Lebih lanjut, Muhyiddin juga menyampaikan permintaannya kepada Jokowi agar Indonesia lebih berupaya menghentikan arus PMI ilegal ke Malaysia.

"Saya juga telah meminta kerja sama dari Bapak Presiden untuk meningkatkan usaha memastikan WNI yang ingin datang bekerja di Malaysia melalui saluran yang sah," ujarnya.

Guna menghentikan arus migran ilegal, Muhyiddin menuturkan, Malaysia akan terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia berdasarkan UU yang berlaku.

"Saya percaya dengan perbincangan lebih lanjut, kedua negara akan mencapai kesepahaman dan kesepakatan mengenai MoU on the Employment and the Protection of Indonesian Domestic Workers in Malaysia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA