Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Muhyiddin Berikan Masukan Ini Ke Jokowi Soal Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 05 Februari 2021, 15:51 WIB
PM Muhyiddin Berikan Masukan Ini Ke Jokowi Soal Laut China Selatan
Perdana Menteri (PM) Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin, saat jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (5/2)/Repro
rmol news logo Isu Laut China Selatan menjadi satu topik pembahasan Presiden Joko Widodo, saat menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin, ke Indonesia hari ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Negara mengatakan, dirinya sudah bertukar pikiran dengan PM Muhyiddin mengenai stabilitas dan keamanan kawasan Asia dan termasuk Laut China Selatan.

"Saya menekankan bahwa stabilitas akan tercipta, termasuk di Laut China Selatan, jika semua negara menghormati hukum internasional terutama Unclos 1982," ujar Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (5/2).

Dalam kesempatan yang sama, PM Muhyiddin menyampaikan masukan kepada Jokowi agar mengambil cara-cara yang tetap bisa menjaga stabilitas politik dan kemanaan kawasan.

"Situasi Laut China isu tuntutan maritim di perairan tersebut, dan penyelesaiannya hendaklah dibuat secara aman berdasarkan prinsip undang-undang antar bangsa yang universal, termasuk Unclos 1982," tutur Muhyiddin.

Oleh karena itu, semua pihak perlu menolak cara-cara yang menimbulkan ketegangan dan bersifat provokasi. Sebab, Malaysia pun juga bersikap serupa, yaitu menolak kegiatan ketentaraan atau militerisme.

"Malaysia juga komitmen menyelesaikan isu-isu Laut China Selatan secara konstrutif melalui forum saluran diplomatik yang sesuai," demikian Muhyiddin menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA