Peluang Ekspor Terbuka Lebar, KBRI Mesir Dorong Pengembangan Kewirausahaan

Dutabesar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dalam sambutannya pada acara webinar pengembangan kewirausahaan/KBRI Kairo

Pandemi Covid-19 bukan penghalang bagi kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Mesir.

Hal itu terlihat dari data terbaru yang menunjukkan bahwa tren perdagangan antara kedua negara menunjukkan ke arah positif. Bahkan, ekspor Indonesia ke Mesir pada periode Januari hingga November 2020 meningkat 3,4 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Meski begitu, harus diakui bahwa pangsa pasar Indonesia di Mesir masih terbilang kecil yakni sekitar 1,5 persen, sehingga dibutuhkan berbagai terobosan dalam menumbuhkan upaya penetrasi pasar produk Indonesia ke Mesir. 

Oleh karena itu, terobosan serta peningkatan networking menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan guna mengupayakan penetrasi pasar yang luas bagi produk Indonesia ke Mesir.

Hal itulah yang ditekankan oleh Dutabesar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dalam sambutannya pada acara webinar yang diselenggaraan oleh KBRI Cairo bekerja sama dengan Free Trade Agreement (FTA) Centre Jakarta, Kementerian Perdagangan RI pada Kamis (4/2).

Webinar pelatihan ekspor yang bertemakan pengembangan potensi kewirausahaan berorientasi ekspor bagi mahasiswa dan masyarakat itu diselenggarakan guna memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas mengenai prosedur ekspor dan akses pasar ke Mesir bagi para diaspora Indonesia di Mesir khususnya pelaku usaha, mahasiswa dan masyarakat.

Pasalnya, pangsa pasar Indonesia di Mesir masih terbilang kecil yakni sekitar 1,5 persen. Namun di sisi lain, keberadaan mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Mesir menjadi faktor penguat dalam menjembatani masuknya produk-produk Indonesia ke Mesir. 

Banyak diantara mereka yang sudah berhasil memfasilitasi ekspor produk-produk unggulan Indonesia ke Mesir seperti kopi, rempah-rempah, kerajinan tangan, kosmetik dan lain sebagainya.

Bahkan diantara mereka ada yang sudah memiliki lahan usaha tempat makan, toko swalayan bahkan usaha ekspor dan impor bekerja sama dengan pengusaha Mesir.

Acara webinar pelatihan ekspor tersebut digelar demi memperluas wawasan dan keterampilan bagi para diaspora Indonesia di Mesir.

Webinar pelatihan yang berlangsung selama 2,5 jam ini dihadiri lebih dari 200 partisipan baik di Indonesia maupun Mesir, serta dipandu oleh perwakilan Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Mesir, Syamsu Alam Darwis dan Duta Hijab Dunia, Trifty Qurrata Aini.

Selain itu, turut hadir Wakil Duta Besar RI M. Aji Surya, Atase Perdagangan Irman Adi Purwanto, serta para narasumber Tim Ahli FTA Center di Jakarta yakni Arief Hariyanto, Arie Putra, dan Gustian Mahardika serta Presiden Direktur PT Rodamas Inti International Hadi Santoso.

Bukan hanya itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh segenap jajaran KBRI Cairo dan para pelaku usaha, mahasiswa dan masyarakat Indonesia.

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Laris Manis Saat Ramadhan Dengan Olahan Kolang Kaling

Rabu, 14 April 2021
Video

RMOL WORLD VIEW • Apa Kabar Asia Timur?

Rabu, 14 April 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Apa Kabar Vaksin Nusantara?

Kamis, 15 April 2021

Artikel Lainnya

Sambut Delegasi AS, Tsai Ing-wen Beberkan Komitmen Taiwan Jaga Perdamaian Indo-Pasifik
Dunia

Sambut Delegasi AS, Tsai Ing..

15 April 2021 12:12
Komentar Pedas Erdogan Untuk PM Italia Yang Menyebutnya Diktator
Dunia

Komentar Pedas Erdogan Untuk..

15 April 2021 11:52
Perseteruan Rusia-Ukraina: Kapal Perang AS Mundur Dari Laut Hitam
Dunia

Perseteruan Rusia-Ukraina: K..

15 April 2021 11:20
Peringatan China Untuk Barat: Jangan Jadikan Hong Kong Sebagai Pion
Dunia

Peringatan China Untuk Barat..

15 April 2021 11:16
Kontroversi Penyebab Kematian George Floyd, Kehabisan Oksigen Hingga Penyakit  Jantung
Dunia

Kontroversi Penyebab Kematia..

15 April 2021 10:49
Perkuat Sistem Pertahanan Udara, Turki Punya Teknologi Rudal Udara-Ke-Udara Bozdogan
Dunia

Perkuat Sistem Pertahanan Ud..

15 April 2021 10:48
Pasang Badan, AS Akan Bantu Pertahanan Ukraina Lawan Rusia
Dunia

Pasang Badan, AS Akan Bantu ..

15 April 2021 10:23
Dukung Kompetisi Sepak Bola Copa America 2021, Sinovac Sepakat Kirim 50.000 Dosis Vaksin Covid-19
Dunia

Dukung Kompetisi Sepak Bola ..

15 April 2021 10:21