Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Situasi Makin Tak Terkendali, Pakar Kesehatan Prancis Sarankan Lockdown Nasional Ketiga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 Februari 2021, 08:00 WIB
Situasi Makin Tak Terkendali, Pakar Kesehatan Prancis Sarankan Lockdown Nasional Ketiga
Perdana Menteri Jean Castex/Net
rmol news logo Ahli kesehatan dan kepala rumah sakit Prancis yang kewalahan dengan bertambahnya pasien Covid-19, menyerukan agar negara itu kembali melakukan penguncian nasional baru. Upaya untuk menahan laju pandemi yang semakin mengkhawatirkan perlu diperketat lagi.

Frederic Valletoux, pimpinan Federasi Rumah Sakit Prancis (FHF), yang juga walikota Fontainebleau di selatan Paris, mengatakan kepada LCI TV, bahwa situasi di rumah sakit tempatnya itu masih terkendali untuk saat ini, tetapi lain halnya dengan yang terjadi di banyak daerah lainnya di mana situasi akibat pandemi masih sangat 'sangat tegang'.

Bruno Riou, kepala tim krisis rumah sakit AP-HP Paris, pada hari Jumat (5/2) memperingatkan bahwa rumah sakit dan unit perawatan intensif yang paling terpukul oleh Covid-19 perlu mulai menunda beberapa prosedur lain.

Peringatan keduanya datang sehari setelah Perdana Menteri Jean Castex mengatakan bahwa situasi Covid-19 di Prancis memang rapuh, tetapi dia tidak membenarkan penguncian baru saat ini.

Castex mengatakan tingkat infeksi tidak akan menurun secara drastis sekalipun diberlakukan lockdown.

"Kita harus tetap berpegang pada pembatasan yang sudah kita miliki, tetapi situasi hari ini tidak membenarkan penguncian nasional yang baru," katanya dalam konferensi pers, seperti dikutip dari AFP, Jumat (5/2).

Kata-katanya bertentangan dengan pandangan yang disuarakan oleh beberapa petugas medis Prancis terkemuka.

Kepala penyakit menular di rumah sakit Saint Antoine di Paris pada hari Jumat mengatakan langkah-langkah baru untuk mengekang penyebaran infeksi "tak terhindarkan".

"Kami masih berada di dataran tinggi di Prancis. Dan untuk menurunkannya, langkah-langkah pembatasan baru tidak akan terhindarkan," kata Karine Lacombe kepada radio France Inter.

Prancis memberlakukan dua penguncian nasional tahun lalu dan saat ini memiliki salah satu jam malam paling ketat di dunia, mulai dari jam 6 sore hingga 6 pagi.

Dalam konferensi persnya, Castex mengatakan pengetatan progresif negara itu memungkinkannya menjaga ekonomi lebih terbuka daripada yang bisa dilakukan beberapa negara tetangga.

Namun dia memperingatkan tidak boleh ada jeda dan meminta perusahaan untuk memberlakukan lebih banyak kerja jarak jauh dari rumah.

“Jika memungkinkan, bekerja dari rumah lebih baik," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA