Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes RI Kairo Hadiri Festival Kopi Pertama Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 Februari 2021, 11:49 WIB
Dubes RI Kairo Hadiri Festival Kopi Pertama Mesir
Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf hadiri Festival Kopi 2021/Net
rmol news logo Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, menyambut baik terselenggaranya Festival Kopi 2021 yang baru pertama kali diselenggarakan di Mesir.

Dalam sambutannya ia mengungkapkan kekaguman dan apresiasinya terhadap kegiatan promosi produk unggulan Indonesia dan menyampaikan terima kasih pada para importir Mesir atas loyalitasnya dalam menghadirkan produk kopi Indonesia.

"Kami sebagai Perwakilan RI di Mesir mengapresiasi sekali kegiatan promosi produk unggulan Indonesia seperti kopi yang dilakukan di Mesir. Produk kopi memiliki peluang ekspor yang sangat besar di Mesir," jelas Lutfi, dalam rilis yang diterima Kantor Berita Republik Merdeka, Sabtu (6/2).

Bertempat di Citycentre Al Maza kota Cairo, pameran kopi ini disponsori oleh El Bahnasawi Coffee, salah satu importir utama Mesir dimana 70 persen kapasitas kopinya berasal dari Indonesia

Animo masyarakat Mesir yang tinggi dalam meminum kopi, menjadikan peluang pasar kopi Indonesia di Mesir sangat tinggi. Tercatat dalam lima tahu terakhir, Indonesia menempati posisi teratas dalam eksportasi kopi ke Mesir dengan pertumbuhan sekitar 12 persen.

Bahkan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS),  selama Januari- November 2020 Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar pertama di Mesir dengan total nilai ekspor sebesar 50,20 juta dolar AS.

Atase Perdagangan Kairo, Irman Adi Purwanto Moefthi, yang turut hadir mendampingi Duta Besar, mengatakan trend minum kopi yang saat ini mulai berkembang di kalangan milenial Mesir adalah kopi premium dan spesialty. Ke depannya kopi khas Indonesia seperti Gayo, Sinabung, dan lain sebagainya, akan semakin diminati di Mesir.

Sejauh ini jenis kopi Indonesia yang tinggi potensi ekspornya ke Mesir adalah Robusta.

Pada umumnya para pemilik kedai kopi tradisional Mesir mencampur kopi jenis robusta Indonesia ini dengan sedikit arabika dan rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, biji pala maupun kayu manis, sehingga memberikan cita rasa dan aroma yang disukai masyarakat.
Selain Bon El Bahnasawy, para eksibitor kopi yang hadir di festival yang berlangsung sejak 4 Februari hingga tiga hari ke depan ini antara lain, Abu Auf, Lavazza Coffee Shop, Arzum Okka, Coffee Machine, Bom Gosto Coffee, Fooad Egypt Store, dan banyak lagi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA