Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Mendapat Keluhan Warga, Korsel Longgarkan Aturan Jam Malam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 Februari 2021, 13:07 WIB
Banyak Mendapat Keluhan Warga, Korsel Longgarkan Aturan Jam Malam
Perdana Menteri Chung Sye-kyun/Net
rmol news logo Menanggapi reaksi publik atas pembatasan ketat yang dilakukan pemerintah, Korea Selatan akhirnya melonggarkan jam malam di lebih dari setengah juta restoran dan bisnis lain di luar ibu kota Seoul, yang sebelumnya berlaku hingga pukul 21.00 sekarang menjadi 22.00 waktu setempat.

Pemgumuman tersebut disampaikan Perdana Menteri Chung Sye-kyun saat melakukan pertemuan dengan badan terkait, Sabtu (6/2).

"Jadi, bisnis di luar ibu kota sekarang dapat tetap buka hingga pukul 10 malam, tetapi pembatasan operasi pukul 21:00 tetap seperti di wilayah metropolitan Seoul, di mana lebih dari 70 persen dari total infeksi terkonsentrasi dan masih menghadapi risiko penularan virus,” kata Chung, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/2).

Bisnis tersebut mencakup sekitar 580.000 kafe, restoran, fasilitas kebugaran dalam ruangan dan bar karaoke, kata Wakil Menteri Kesehatan Kang Do-tae dalam sebuah pengarahan.

"Bisnis yang melanggar pedoman pencegahan virus akan ditutup selama dua minggu," kata Kang.

Sebagian besar kasus baru terjadi di Seoul, kota pelabuhan tetangga Incheon, dan Provinsi Gyeonggi, tempat bagi lebih dari 25 juta orang bermukim.

Ratusan pemilik restoran dan kafe di seluruh negeri sebelumnya mengeluhkan dampak larangan terhadap bisnis mereka. Pemilik gym yang dirugikan oleh pembatasan dibuka kembali sebagai protes terhadap aturan jarak sosial yang ketat.

Pihak berwenang memperpanjang tingkat jarak sosial saat ini hingga 14 Februari, menjelang liburan Tahun Baru Imlek yang akan dimulai 11 Februari, momen di mana puluhan juta orang Korea biasanya melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk mengunjungi keluarga mereka.

Sementara, Kang mendesak orang-orang untuk tinggal di rumah selama liburan, khawatir perjalanan dapat menyebabkan lonjakan kasus virus corona lagi, dan mengatakan pihak berwenang akan mempertahankan larangan pertemuan pribadi lebih dari empat orang.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea melaporkan 393 kasus baru Covid-19 pada hari Jumat. Itu membuat total infeksi yang dilaporkan di Korea Selatan, kini menjadi 80.524, dengan jumlah kematian 1.464. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA