Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Penjualan S-400 Rusia Ke Turki, AS: Posisi Kami Tidak Berubah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 07 Februari 2021, 07:30 WIB
Soal Penjualan S-400 Rusia Ke Turki, AS: Posisi Kami Tidak Berubah
Sistem pertahanan udara Rusia, S-400/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memiliki posisi yang serupa dengan pendahulunya, Donald Trump perihal penjualan sistem pertahanan udara Rusia, S-400, ke Turki.

Pada masa kepemimpinannya, Trump menghentikan pasokan jet F-35 ke Turki setelah Ankara membeli S-400 dari Rusia.

Biden sendiri tidak berencana untuk melanjutkan pengiriman jet tempur F-35 generasi kelima ke Turki kecuali jika Ankara menghentikan pembelian S-400 dari Rusia.

"Posisi kami tidak berubah. S-400 tidak kompatibel dengan F-35 dan Turki telah ditangguhkan dari program itu," ujar jurubicara Pentagon, John Kirby.

Lebih lanjut, Kirby mengatakan Turki seharusnya membeli sistem pertahanan Patriot, alih-alih S-400 yang memicu masalah dengan Washington. Ia juga menyebut Ankara memiliki banyak peluang untuk membeli Patriot, tetapi akhirnya memilih menggunakan teknologi Rusia.

Berbeda dengan yang disampaikan Kirby, otoritas Turki mengaku telah berulang kali berupaya membeli Patriot dari AS untuk waktu yang lama. Tetapi Gedung Putih menghentikan izin penjualan dari Departemen Luar Negeri.

Akibatnya, Turki mengatakan, Ankara mencari alternatif lain hingga memilih S-400 Rusia.

Setelah Turki menandatangani kesepakatan pembelian S-400 dengan Moskow, Departemen Luar Negeri menyetujui penjualan Patriot.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan pihaknya siap membeli Patriot, tetapi tidak mengorbankan S-400. Erdogan menegaskan bahwa membeli persenjataan merupakan hak kedaulatan Turki. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA