Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Beijing Sumbang 300 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm Ke Kairo, Dubes: Ini Bentuk Kasih Sayang China Kepada Mesir

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 08 Februari 2021, 12:18 WIB
Beijing Sumbang 300 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm Ke Kairo, Dubes: Ini Bentuk Kasih Sayang China Kepada Mesir
Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang /Net
Pemerintah China telah mengirimkan sumbangan berupa 300.000 dosis vaksin virus corona buatan negaranya ke Mesir, untuk membantu mengatasi pandemi di negara tersebut. Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang mengatakan, sumbangan dari pemerintahnya itu sebagai "cerminan persahabatan" antara kepala negara kedua negara.

Dalam keterangannya selama konferensi pers, Liqiang mengatakan, sejak wabah melanda, kedua negara telah berkomitmen untuk saling menunjukkan solidaritas dan kerja sama satu sama lain.

“China telah memutuskan untuk memberi Mesir 300.000 dosis Sinopharm, cukup untuk memvaksinasi 150.000 orang, untuk kepentingan persahabatan tradisional, kemitraan strategis yang komprehensif dan bantuan timbal balik antara kedua negara dalam menghadapi virus,” katanya, seperti dikutip dari Arab News, Senin (8/2).

Liqiang mengatakan, dorongan ini untuk mendukung upaya pemerintah Mesir dalam menjamin keselamatan rakyat dan hal itu dilakukan dalam upaya memperdalam persahabatan tradisional antara Mesir dan China, serta memperkuat kerja sama bilateral dalam menghadapi pandemi.

China tidak akan melupakan jasa Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi yang mengirimkan hadiah solidaritas kepada menteri kesehatan China selama masa-masa paling sulit ini, kata Liqiang. Sebagai bentuk solidaritas, Mesir juga bahkan menerangi monumen arkeologi mereka dengan warna bendera Tiongkok.

“China telah menyediakan sejumlah pasokan medis ke Mesir untuk mendukung upayanya dalam memerangi virus, dan bahwa tindakan ini mencerminkan persahabatan pribadi antara para pemimpin kedua negara, kedalaman hubungan Mesir-China, dan kasih sayang rakyat China kepada Mesir,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa, selain Mesir China juga akan memberikan sejumlah vaksin ke Sekretariat Jenderal Liga Negara-negara Arab.

Otoritas Kesehatan Mesir sendiri telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Sinopharm China melalui keterangan Menteri Kesehatan Hala Zayed awal Januari lalu. Saat itu, Zayed mengatakan, Mesir berencana untuk membeli 40 juta dosis vaksin buatan China tersebut.

Hingga Sabtu malam, 169.106 kasus virus korona telah tercatat di Mesir. Ada 132.054 pemulihan dan 9.604 kematian.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA