Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggapi Kekhawatiran Australia, China Pastikan Jurnalis Cheng Lei Yang Ditangkap Tetap Mendapatkan Hak-haknya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 08 Februari 2021, 23:23 WIB
Tanggapi Kekhawatiran Australia, China Pastikan Jurnalis Cheng Lei Yang Ditangkap Tetap Mendapatkan Hak-haknya
Wartawan Australia Cheng Lei/Net
rmol news logo Pemerintah China telah mengkonfirmasi penangkapan wartawan Australia, Cheng Lei, karena diduga telah memasok rahasia negara secara ilegal ke luar negeri.

Dalam konferensi pers harian, Senin (8/2), juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, mengatakan bahwa ia menjamin otoritas peradilan China akan menangani kasus tersebut sesuai dengan hukum, tanpa mengabaikan hak-hak Cheng Lei.

"China adalah negara di bawah aturan hukum, dan semua hak hukum dari personel terkait dijamin sepenuhnya," kata Wang, seperti dikutip dari GT, Senin (8/2).

“Australia harus menghormati kedaulatan peradilan China dan berhenti mencampuri penanganan kasus yang sah di China dengan cara apa pun,” ujarnya.

Dari keterangan Kemenlu China, penangkapan Cheng telah terjadi pada Jumat (5/2) waktu setempat.

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, sebelumnya telah mengumumkan penangkapan Cheng pada Senin pagi waktu setempat dan mengatakan pihaknya akan memastikan bahwa Cheng diperlakukan dengan baik selama dalam penahanan China.

“Kami terus mencari jaminan bahwa dia diperlakukan dengan tepat, secara manusiawi, sesuai dengan standar internasional,” tegas Payne.

Cheng telah bekerja sebagai jurnalis bisnis untuk penyiar pemerintah CGTN, ketika dia ditahan secara diam-diam di Beijing pada pertengahan Agustus 2020. Sejak itu dia dibantu oleh pemerintah Australia, dan kunjungan konsuler terakhir dilakukan pada 27 Januari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA