Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balas Dendam, Tiga Negara Uni Eropa Usir Diplomat Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 09 Februari 2021, 07:13 WIB
Balas Dendam, Tiga Negara Uni Eropa Usir Diplomat Rusia
Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde/Net
rmol news logo Hubungan antara Uni Eropa dan Rusia kembali memburuk, setelah Jerman, Swedia, dan Polandia masing-masing mengusir diplomat Rusia dari negara mereka pada Senin (8/2) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pernyataan bersama, ketiga negara Uni Eropa itu mengatakan keputusan itu mereka ambil sebagai balasan atas pengusiran diplomat mereka dari Rusia pada pekan lalu.

Pada Jumat (5/2) Rusia mempermalukan Uni Eropa dengan mengumumkan pengusiran ketiga wakilnya selama pertemuan langka di Moskow, antara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Ketiga negara dianggap telah mencampuri urusan dalam negeri Rusia dengan ikut ambil bagian pada permasalahan Alexei Navalny, dan malah mendukung kritikus Kremlin itu.

Akibat sikap Rusia, pemerintah Eropa marah. Mereka  mengutuk pengusiran yang mengejutkan itu. Berlin bahkan memperingatkan bahwa mereka akan merespons dengan cara yang sama.

"Keputusan Moskow untuk mengusir tiga diplomat 'sama sekali tidak dibenarkan'," kata kementerian luar negeri Jerman pada Senin (8/2). Ia menekankan bahwa anggota staf Jerman telah melakukan tugasnya untuk 'mengamati perkembangan di Rusia dengan cara yang sah', seperti dilaporkan AFP, Selasa (9/2).

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde mengatakan bahwa Stockholm telah memberi tahu duta besar Rusia bahwa seseorang dari kedutaan Rusia diminta untuk meninggalkan Swedia.

"Ini adalah tanggapan yang jelas atas keputusan yang tidak dapat diterima untuk mengusir seorang diplomat Swedia yang hanya menjalankan tugasnya," tulis Linde di Twitter.

Kementerian luar negeri Polandia juga mengutuk 'pengusiran tak berdasar' diplomat mereka dari Saint Petersburg. Pihaknya telah mengeluarkan pernyataan 'persona non grata' kepada seorang pejabat konsuler Rusia di Poznan, Polandia barat.

Tak tinggal diam, Kementerian Luar Negeri Rusia segera membalas tindakan ketiga negara UE itu dalam sebuah pernyataan.

"Keputusan hari ini oleh Polandia, Jerman, dan Swedia tidak berdasar dan tidak bersahabat. Itu merupakan kelanjutan dari serangkaian tindakan yang diambil Barat berkaitan dengan negara kami dan yang kami anggap sebagai campur tangan dalam urusan internal kami," kata juru bicara Maria Zakharova di saluran negara Rossiya 1. rmol news logo article     

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA