Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sri Mulyani Terpilih Sebagai Co-Chair Koalisi Menteri Keuangan Dunia Untuk Aksi Perubahan Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 11 Februari 2021, 21:46 WIB
Sri Mulyani Terpilih Sebagai Co-Chair Koalisi Menteri Keuangan Dunia Untuk Aksi Perubahan Iklim
Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati/Net
rmol news logo Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terpilih sebagai Co-Chair dari the Coalition of Finance Ministers for Climate Action atau Koalisi Menteri Keuangan Dunia untuk Aksi Perubahan Iklim periode 2021-2023 menggantikan Menteri Keuangan Chile.

SMI terpilih berkat pemungutan suara yang diikuti Menteri Keuangan dari 52 negara anggota koalisi. SMI mampu bersaing bersama Menteri Keuangan dari Filipina dan Uganda.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, terpilihnya Indonesia menjadi co-chair Koalisi mengafirmasi kepercayaan komunitas aksi perubahan iklim global yang besar pada Indonesia.

“Indonesia dipercaya global untuk mengarahkan dan menangani masalah perubahan iklim. Hal ini tidak lepas dari berbagai aksi nyata mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia selama ini,” kata SMI dikutip dari laman kemenkeu.go.id, Kamis (11/2).

Nantinya, Sri Mulyani akan menjalankan peran sebagai Co-Chair bersama Finlandia.

Terpilih sebagai Co-Chair, ia menyatakan akan meningkatkan reputasi Indonesia di dunia internasional. Pengarusutamaan isu perubahan iklim dalam program pembangunan nasional pun akan terus dilaksanakan dalam rangka mengurangi emisi sesuai Nationally Determined Contribution (NDC) sebagai komitmen Indonesia terhadap persetujuan Paris sebesar 29% dengan upaya sendiri, atau 41% dengan dukungan internasional di tahun 2030.

Menteri Keuangan Indonesia bergabung dengan koalisi Menteri Keuangan Dunia untuk Aksi Perubahan Iklim pada 5 Juli 2019. Koalisi merupakan forum yang dibentuk untuk mendukung upaya kolektif para Menteri Keuangan untuk mendorong aksi perubahan iklim di level domestik maupun global. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA