Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah India Dan China Tarik Pasukan, Parlemen Akan Kunjungi Lembah Galwan Dan Pangong Di Ladakh Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Februari 2021, 16:12 WIB
Setelah India Dan China Tarik Pasukan, Parlemen Akan Kunjungi Lembah Galwan Dan Pangong Di Ladakh Timur
Perbatasan India dan China/Net
rmol news logo Sehari setelah India dan China menyepakati penarikan pasukan masing-masing, komite tetap parlemen untuk pertahanan berencana mengunjungi Lembah Galwan dan Danau Pangong, yang terletak di wilayah perbatasan di timur Ladakh.

Komite akan meminta izin pemerintah sebelum mengunjungi daerah-daerah yang berlokasi strategis, yang telah menjadi saksi pertikaian antara dua pasukan selama berbulan-bulan.

Diperkirakan kunjungan akan dilakukan pada minggu terakhir Mei atau Juni, menurut laporan sumber yang dikutip dari The Hindu, Jumat (12/2).

Komite yang beranggotakan 30 orang itu dan diketuai oleh pemimpin senior BJP Rahul Gandhi, akan menunggu persetujuan pemrintah.

India dan China telah mencapai kesepakatan pada Kamis (11/2) setelah kebuntuan selama sembilan bulan. Kedua pasukan akan melakukan pelepasan di tepi utara dan selatan danau Pangong. Kedua pasukan akan menarik pasukannya secara bertahap,  terkoordinasi, dan terverifikasi.

Pada hari Kamis, Menteri Pertahanan Rajnath Singh membuat pernyataan rinci di Parlemen tentang pakta pelepasan kedua pasukan.

Pernyataan kementerian itu muncul beberapa jam setelah pemimpin Kongres Rahul Gandhi menuduh bahwa pemerintah telah 'menyerahkan' wilayah India ke China dan mengajukan pertanyaan tentang kesepakatan tentang proses pelepasan.

Kunjungan ke wilayah perbatasan oleh komite diduga untuk meninjau hal tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA