Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vaksin AstraZeneca Berhasil Dapat Izin Penggunaan Darurat WHO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 16 Februari 2021, 08:22 WIB
Vaksin AstraZeneca Berhasil Dapat Izin Penggunaan Darurat WHO
Vaksin AstraZeneca/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendaftarkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford untuk penggunaan darurat.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyeus dalam konferensi pers pada Senin (15/2) mengumumkan izin penggunaan darurat tersebut setelah menyetujui vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh SKBio dari Korea Selatan dan Serum Institute of India.

"Kami sekarang memiliki semua bagian untuk distribusi vaksin secara cepat. Tapi kami masih perlu meningkatkan produksi," ujar Tedros, seperti dikutip Reuters.

Tedros mengimbau kepada para pengembang vaksin Covid-19 untuk menyerahkan berkas mereka ke WHO guna ditinjau.

Sementara itu, dalam pernyataan terpisah, AstraZeneca mengatakan berencana untuk memproduksi lebih dari 300 juta dosis vaksin Covid-19 pada paruh pertama 2021 yang akan tersedia untuk 145 negara melalui skema COVAX.

Kajian WHO sendiri menemukan bahwa vaksin Astrazeneca memenuhi kriteria keamanan dan manfaat kemanjurannya melebihi risiko.

Vaksin AstraZeneca banyak diganderungi karena lebih murah dan lebih mudah didistribusikan jika dibandingkan dengan beberapa saingannya, termasuk Pfizer-BioNTech yang sudah mendapat izin penggunaan darurat oleh WHO pada Desember. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA