Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Siap Bentuk Komisi Independen Selidiki Insiden Capitol Hill

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 16 Februari 2021, 10:20 WIB
Ketua DPR AS Nancy Pelosi Siap Bentuk Komisi Independen Selidiki Insiden Capitol Hill
Ketua DPR Nancy Pelosi/Net
rmol news logo Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan bahwa Kongres akan membentuk komisi independen untuk meninjau fakta dan penyebab terkait dengan serangan mematikan di Capitol Hill yang dilakukan oleh pendukung Presiden Donald Trump, 6 Januari lalu.

Dalam suratnya yang ditujukan kepada anggota parlemen, Pelosi mengatakan bahwa komisi itu akan meniru model serupa yang diadakan setelah serangan 11 September 2001 di New York dan Pentagon.

"Untuk melindungi keamanan kami, langkah kami selanjutnya adalah membentuk Komisi 9/11 dari luar, yang independen, untuk menyelidiki dan melaporkan fakta dan penyebab yang berkaitan dengan serangan teroris domestik 6 Januari 2021 di Capitol Amerika Serikat," ujar Pelosi, seperti dikutip dari AP, Selasa (16/2).

Komisi tersebut juga akan menyelidiki campur tangan atas pengalihan kekuasaan secara damai, termasuk fakta dan penyebab yang berkaitan dengan kesiapan dan tanggapan dari Polisi Capitol Amerika Serikat dan penegakan hukum Federal, Negara Bagian, dan lokal lainnya di wilayah kompleks Capitol.

Surat Pelosi keluar sehari setelah Senat membebaskan mantan Trump pada persidangan pemakzulan keduanya, setelah pemungutan suara kurang dari dua pertiga mayoritas yang diperlukan untuk menghukumnya atas tuduhan menghasut pemberontakan atas serangan mematikan di Capitol AS, di mana lima orang tewas.

Trump mengajak para pendukungnya untuk berkumpul di Capitol pada 6 Januari, tempat Kongres bertemu untuk menegaskan pemilihan presiden Joe Biden. Saat itu Trump juga berjanji untuk pergi dengan para pendukungnya, meskipun pada akhirnya dia tidak melakukannya. Namun, ia menyerukan kepada pendukungnya untuk terus maju dan tidak menyerah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA