Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamu Menlu Hongaria, Retno Marsudi Perkuat Kerja Sama Perdagangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 16 Februari 2021, 14:38 WIB
Jamu Menlu Hongaria, Retno Marsudi Perkuat Kerja Sama Perdagangan
Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjiarto dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi saat menandatangani dokumen di Kementerian Luar Negeri, Jakarta pada 16 Februari 2021/Kemlu
rmol news logo Memperkuat kerja sama perdagangan menjadi salah satu agenda utama dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjiarto pada Selasa (16/2).  

Meski di tengah pandemi Covid-19, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, perdagangan dua arah antara Indonesia dan Hongaria mengalami peningkatan.

Pada 2020, total perdagangan dua negara mencapai 212 juta dolar AS atau meningkat lebih dari 13,25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ke depan, kita akan terus berupaya untuk meningkatkan perdagangan bilateral kedua negara," ujar Retno dalam konferensi pers bersama Szijjiarto di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta.

Retno mengatakan, kedua negara juga telah sepakat untuk mempekuat kerja sama perdagangan dengan pembentukan hub atau gudang produk Indonesia di Budapest. Selain itu juga mendorong ekspor produk komponen elektronik dan otomotif, serta menjajaki kemungkinan imbal-dagang dengan Hongaria.

Pertemuan antara dua menlu tersebut dilakukan ketika Szijjiarto melakukan kunjungan ke Indonesia selama satu hari. Keduanya telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Peningkatan Kapasitas Diplomatik dan Letter of Intent (LoI) mengenai Pembentukan Indonesia-Hungary Investment Fund.

Kunjungan Szijjiarto merupakan tindak lanjut dari kunjungan Perdana Menteri Viktor Orban ke Jakarta pada bulan lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA