Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tiga Diplomat Eropa Dan Menlu AS Akan Bertemu Di Paris Bahas Program Nuklir Iran

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 Februari 2021, 06:41 WIB
Tiga Diplomat Eropa Dan Menlu AS Akan Bertemu Di Paris Bahas Program Nuklir Iran
Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian/Net
Prancis akan menjadi tuan rumah pertemuan antara tiga diplomat teratas kekuatan Eropa dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Mereka akan membahas masalah yang berfokus pada Iran, di mana mereka mencoba menyelamatkan kesepakatan 2015 tentang program nuklir Teheran.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Prancis disebutkan, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian akan menjamu mitranya dari Jerman Heiko Maas, serta Dominic Raab dari Inggris. Ketiganya akan bertemu di Kota Paris pada Kamis (18/2) waktu setempat.

Sementara Menlu AS akan bergabung melalui konferensi video, seperti dilaporkan AFP, Rabu (17/2).

Pengumuman tersebut muncul setelah Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Rabu (17/2) mengatakan Iran ingin melihat 'tindakan, bukan kata-kata' dari pihak-pihak dalam kesepakatan nuklir 2015 negara itu.

"Kami telah mendengar banyak kata-kata manis dan janji yang dalam praktiknya telah dilanggar. Kata-kata dan janji tidak baik. Kali ini (kami ingin) adanya tindakan dari pihak lain, maka kami juga akan bertindak," kata Khamenei dalam pidato di televisi.

Administrasi Joe Biden mengatakan siap untuk bergabung kembali dengan kesepakatan dan mulai mencabut sanksi jika Teheran kembali ke kepatuhan penuh, prasyarat yang disengketakan oleh Teheran.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA