Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasukan Keamanan Nigeria Buru Geng Pelaku Penculikan Puluhan Siswa Dan Guru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Februari 2021, 08:17 WIB
Pasukan Keamanan Nigeria Buru Geng Pelaku Penculikan Puluhan Siswa Dan Guru
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pasukan keamanan Nigeria terus melakukan pelacakan terhadap geng bersenjata yang menculik lebih dari 40 orang termasuk 27 siswa dan 3 guru dari Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintah di Kagara di negara bagian Niger tengah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tindakan pelacakan itu terjadi setelah Presiden Muhammadu Buhari (78) memerintahkan pasukan keamanan untuk mengoordinasikan penyelamatan.

Komisaris informasi negara bagian Niger, Muhammad Sani Idris mengatakan, bahwa mereka telah melalukan segala upaya untuk menyelamatkan para korban penculikan tersebut.
 
"Kami melakukan apa pun yang kami bisa untuk membebaskan para siswa dan guru," ujarnya kepada AFP, Kamis (18/2).

"Mereka sedang ditekan. Kami memiliki agen keamanan di belakang mereka. Kami berharap kami akan menyelamatkan para siswa dalam waktu yang sangat singkat," ujarnya.

Sementara, Inspektur Jenderal Polisi Mohammed Abubakar Adamu mengatakan, bahwa tentara dan polisi Nigeria lengkap dengan helikopter pengintai sedang melakukan operasi besar-besaran untuk menyelamatkan para korban penculikan.

Penculikan massal terbaru terjadi hanya dua bulan setelah 300 siswa diculik dari sebuah sekolah di Kankara di dekat Katsina, negara bagian asal Buhari, ketika presiden mengunjungi wilayah tersebut.

Penculikan hanyalah salah satu tantangan keamanan yang dihadapi negara terpadat di Afrika itu, di mana militan melancarkan pemberontakan jihadis di timur laut dan ketegangan etnis sedang membara di beberapa wilayah selatan.

Nigeria barat laut dan tengah semakin menjadi pusat bagi geng kriminal besar yang menyerang desa, membunuh dan menculik penduduk setelah menjarah dan membakar rumah.

Bandit beroperasi di luar kamp di hutan Rugu, yang berada di Zamfara, Katsina, Kaduna dan negara bagian Niger. Pasukan Nigeria telah dikerahkan di sana tetapi serangan dan penculikan massal terus berlanjut.

Geng tersebut sebagian besar didorong oleh motif keuangan dan tidak memiliki kecenderungan ideologis yang diketahui.

Tetapi ada kekhawatiran bahwa mereka disusupi oleh para jihadis yang berperang dalam konflik selama satu dekade yang telah menewaskan lebih dari 30.000 orang dan menyebar ke negara tetangga, Niger, Chad, dan Kamerun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA