Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wang Yi: China Siap Berkomunikasi Jujur Dengan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 22 Februari 2021, 09:25 WIB
Wang Yi: China Siap Berkomunikasi Jujur Dengan AS
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri China Wang Yi meminta pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk membuka kembali dialog kedua negara.

Wang mengatakan hubungan bilateral antara AS dan China telah rusak di bawah pemerintahan mantan Presiden Donald Trump selama bertahun-tahun. Tindakan Trump, ujarnya, telah menekan China yang membuat kerugian tidak terukur.

Wang meminta Washington untuk menghapus tarif yang diberlakukan Trump atas barang-barang China dan meninggalkan apa yang ia sebut sebagai penindasan tidak rasional terhadap sektor teknologi China.

Wang juga mendesak Washington untuk menghormati kepentingan inti China, berhenti mencampuri urusan dalam negeri Beijing, dan berhenti berkomplot dengan pasukan separatis untuk kemerdekaan Taiwan.

"Selama beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat pada dasarnya memutuskan dialog bilateral di semua tingkatan," kata Wang, seperti dikutip Reuters.

"Kami siap untuk melakukan komunikasi yang jujur ​​dengan pihak AS, dan terlibat dalam dialog yang bertujuan untuk memecahkan masalah," tambahnya.

Ia menyebut panggilan terbaru antara Biden dan Presiden Xi Jinping merupakan langkah positif.

Kendati begitu, pemerintahan Biden telah mengisyaratkan akan mempertahankan tekanan pada Beijing.

Biden juga telah menyuarakan keprihatinan atas praktik perdagangan koersif dan tidak adil Beijing. Ia mendukung Trump yang menyebut China telah melakukan genosida terhadap minoritas Uighur di Xinjiang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA