Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemimpin Oposisi Uganda Bobi Wine Tarik Gugatan Pemilu Yang Dimenangkan Yoweri Museveni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 23 Februari 2021, 07:31 WIB
Pemimpin Oposisi Uganda Bobi Wine Tarik Gugatan Pemilu Yang Dimenangkan Yoweri Museveni
Pemimpin oposisi Uganda Bobi Wine/Net
rmol news logo Setelah sebelumnya gigih menantang hasil pemilihan yang dimenangkan petahana, pemimpin oposisi Uganda Bobi Wine akhirnya memutuskan untuk menarik tuntutannya tersebut pada Senin (22/2) waktu setempat.

"Kami telah memutuskan untuk mundur,"  kata Wine dalam konferensi pers di ibu kota Kampala, seperti dikutip dari AFP, Senin (22/2).

"Pengadilan tidak independen, jelas orang-orang ini (hakim) bekerja untuk Tuan Museveni," ujarnya kecewa.

Sementara, Solomon Muyita, juru bicara kehakiman, mengatakan bahwa mereka hanya akan menanggapi tuduhan Wine dan keputusannya untuk mencabut kasus tersebut, ketika dia telah secara resmi keluar dari kasus tersebut melalui pengacaranya, seperti yang dilaporkan Reuters.

“Saat ini yang dia lakukan adalah, dia baru membuat pernyataan politik. Sepanjang catatan Mahkamah Agung (yang bersangkutan) kasusnya masih ada,” ujarnya.

Jika keputusan itu benar-benar dicabut, Yoweri Museveni yang sebelumnya dinyatakan menang dalam pemilihan Presiden Uganda Januari lalu bisa leluasa untuk melangkah meneruskan kepemimpinannya yang telah berlangsung sejak 1986.

Wine, yang bernama asli Robert Kyagulanyi, menolak hasil pemilu Januari lalu dan mengatakan dia yakin kemenangan telah dicuri darinya. Bintang pop yang juga menjadi anggota parlemen itu kemudian meminta pengadilan agar membatalkan hasil pemilu dengan beberapa alasan termasuk penggunaan kekerasan yang meluas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA